Barzagli: “grande voglia di vincere, in campo a breve”

Kutipan yang dalam bahasa Indonesia berarti “hasrat yang besar untuk meraih kemenangan, secepatnya di lapangan”, diambil dari pernyataan Andrea Barzagli dalam siaran langsung yang disajikan oleh JTV.

Televisi resmi Juventus yang memulai siaran pada 12 Juli 2013 lalu ini memilih Barzagli sebagai pemain yang diwawancara pada program mingguan ‘Filo Diretto’ untuk memulai musim penyiaran 2014/2015. Program ini ditayangkan secara langsung setiap Jumat untuk menjawab beberapa pertanyaan fans Bianconeri (Filo diretto dalam bahasa indonesia berarti sambungan langsung).

Berikut rangkuman tayangan tersebut

Barzagli tentang cideranya:

Andera mengungkapkan bahwa sangat berat untuk berada di pinggir lapangan sementara menyaksikan rekan-rekannya bertanding, tetapi ia merasa kondisinya lebih fit dan siap bergabung dengan mereka. “Setelah operasi seperti ini, selalu ada jeda yang lama sebelum kamu dapat kembali. Kami memantau situasinya setiap hari, sejauh ini berjalan baik.”

Andrea harus menjalani operasi pada tulang tumit kaki kanannya di Turku – Finlandia, awal Juli lalu. Hal inilah yang menyebabkan dirinya harus beristirahat selama tiga bulan dan tidak hadir di Indonesia Agustus lalu.

**

Barzagli tentang Allegri dan formasi baru:

“Aku mengalami tiga tahun yang indah di Juventus, terutama saat memenangi Scudetto pertama ku. Tim berkerjasama dengan baik dengan Allegri, hasil pertandingan Sabtu lalu menjadi buktinya.”

“Bos mencoba menerapkan ide baru. Kami menyadari pentingnya kemenangan dan kami semua haus akan hal itu. Tidak penting jika kami bermain dalam formasi tiga ataupun empat di belakang, itu semua bergantung pada mentalitas individu. Yang terpenting dari semua itu adalah organisasi kolektif yang baik dalam sebuah pertahanan. Jika seseorang membuat kesalahan, maka selalu ada rekan lainnya yang menutup kesalahan tersebut.

Pelatih anyar Juventus pada beberapa pertandingan pra musim terlihat sedang mencoba menerapkan formasi empat pemain dibelakang sebagai alternatif formasi tiga pemain belakang.

**

Barzagli tentang persaingan di Serie A:

“Roma menjadi tim yang harus selalu diwaspadai, mereka memanfaatkan jendela transfer dengan baik, menjadikan mereka sebagia tim yang tangguh. Namun beberapa klub telah memperkuat dirinya melalui jendela transfer kemarin. Inter membawa beberapa pemain berpengalaman. Sementara itu walaupun Milan sedang terguncang, tetapi dengan datangnya Inzaghi sebagai pelatih tim senior, mereka bisa menjalani musim ini dengan baik.

“Napoli dan Lazio pun telah melakukan beberapa akuisisi cerdas. Tiga tahun yang lalu, kami sama-sama merupakan tim yang baru, sehingga sekarang pasti jauh lebih baik. Waktu yang akan menjawab tim mana yang mampu unggul, terlalu dini untuk menyatakan siapa kuda hitam musim ini.”

**

Barzagli tentang pemain muda dan masa sebelum Juventus:

“Pemain muda harus merasakan sepakbola sebagai sebuah permainan, olahraga, dan hiburan. Mulailah berpikir bahwa olahraga adalah hal yang menyenangkan. Saat kamu berusia 13 tahun kamu tidak harus berpikir bahwa kemenangan adalah segalanya.

“Ketika aku berusia 23-24 tahun, aku mendapati diriku bermain untuk Palermo. Aku melihat tim-tim besar diperkuat oleh pemain belakang yang tangguh. Sangat sulit bagi pemain muda saat itu untuk menembus skuad utama Italia. Aku memutuskan untuk pindah ke Jerman dan ternyata mereka meledak”

“Latihan fisik menjadi perhatian utama di Jerman, selalu terdapat tiga paket latihan fisik di awal minggu.”

“Untuk menjadi hebat, membutuhkan pengorbanan, perhatian, keinginan untuk selalu menjadi lebih baik, dan keberuntungan.”

Barzagli tentang pemain belakang

“Fabio Cannavaro dan Alessandro Nesta adalah pemain belakang tebaik yang pernah bermain bersamaku”.

Musim pertama Barzagli di Seria A karena bergabung bersama Palermo. Pada saat di Palermo, Barzagli tergabung dalam tim Italy U-21 yang memenangkan Piala Eropa U-21 di Jerman. Hal ini membuat Marcelo Lippi memanggilnya untuk pada Olimpiade Musim Panas di Yunani di tahun yang sama. Debut pertamanya di timnas adalah saat Italia mengalahkan Finlandia. Perannya kembali teruji saat mampu bermain 90 menit saat menggantikan peran Marco Materazzi pada perempat final Piala Dunia 2006, mengalahkan Ukraina. Tahun 2006 itu Italia menjuarai piala dunia.

Tahun 2008, Barzagli melakukan negosiasi kontrak dengan Fiorentina. Sebagian besar yakin bahwa ia akan pindah ke kampung halamannya. Namun mengejutkan saat kesepakatan itu tidak terjadi. Barzagli justru pindah ke Bundesliga Jerman dan bermain untuk VfL Wolfsburg. Disini, Barzagli bertemu Felix Magath, pelatih yang membuatnya berada pada tingkatan mental lebih baik.

Barzagli pernah mengungkapkan melalui latihan psikologikal yang intens menjadikannya sebagai pemain bertahan yang kaku dan konsisten. The Wall juga mengungkapkan bahwa banyak pemain bertahan Italia yang lebih kuat dari dirinya, tetapi untuk konsentrasi dan persiapan fisik, dia yang terbaik.

**

Barzagli tentang persaingan di Liga Champion:

“Tujuan kami saat ini adalah melaju ke fase selanjutnya (lolos dari fase grup), karena tahun lalu kami merasakan kekecewaan yang besar. Kami ingin melakukannya lebih baik karena kami tergabung di grup yang tidak mudah. Setiap laga akan menjadi laga yang berat, konsentrasi adalah kuncinya. Kami tidak dapat menganggap enteng lawan kami.

“Perhatikan investasi yang dilakukan klub besar seperti Manchester United, Bayern Munchen, atau Real Madrid, kami tidak berada dalam tingkatan yang sama. Namun, kami bisa mencontoh Atletico Madrid yang musim lalu yang mampu menjalani liga Champion dengan kompetitif”

Hasil undian Liga Champion menempatkan Juventus bersama Atletico Madrid (Spanyol), Olympiacos (Yunani), dan Malmo (Swedia) di Grup A. Grup ini merupakan kumpulan para juara liga di kompetisi lokal negaranya masing-masing. Jadi sangat wajar jika Andrea mengungkapkan bahwa tidak akan memandang enteng lawan-lawan Juventus pada fase grup.

**

Barzagli tentang pertandingan terdekat melawan Udinese:

“Melawan Udinese akan selalu menjadi pertandingan yang ketat, kami tidak akan mengendorkan pertahanan”

Beberapa sumber lain mengatakan Barzagli sudah dapatr diturunkan oleh Allegri pada pertandingan kontra Udinese di Juventus Stadium Sabtu depan

**

Pesan penuh semangat dan optimis disampaikan Barzagli pada sesi wawancara ini. Energi posistif, konsentrasi, dan konsistensi yang selalu disajikan Barzagli dalam setiap permainannya semoga dapat kita saksikan dalam waktu dekat. [q]

Foto-foto wawancara dapat dilihat pada link berikut: http://www.juventus.com/juve/en/news/foto/barzagli+filo+diretto+jtv/barzagli+filo+diretto+jtv

You may also like...