Catatan kecil dari Mojokerto dan bakti sosialnya

Ramadhan 1435 Hijriyah tahun ini sungguh berkesan bagi seluruh Juventini yang tergabung dalam JCI Chapter Mojokerto. Untuk pertama kalinya di Mojokerto, ada kegiatan bakti sosial yang dilaksanakan secara berbeda, yaitu mengajak adik-adik pekerja jalanan dan dhuafa untuk belanja kebutuhan Lebaran di Carrefour. Kegiatan ini berlangsung pada hari Minggu, 20 Juli 2014 atau bertepatan dengan 22 Ramadhan 1435 H.

Tujuan diselenggarakan kegiatan baksos yang berbeda ini selain mengajak 60 adik-adik peserta berbelanja kebutuhan Lebaran, juga untuk memberi mereka praktek langsung cara mengelola finansial sesuai kebutuhan keluarga. Adik-adik juga diajari untuk antri di pusat perbelanjaan yang mungkin belum pernah mereka rasakan sebelumnya.

Acara dibuka dengan sambutan dari Store Manager Carrefour Mojokerto, Pak Pras, yang kemudian dilanjutkan dengan pemberian bingkisan dari Carrefour kepada adik-adik peserta secara simbolis. Setelah seremonial pembukaan selesai, teman-teman JCI Mojokerto dibagi dalam beberapa kelompok yang terdiri dari dua orang per kelompok untuk mendampingi tiga orang adik-adik peserta. Para peserta diberi voucher belanja senilai Rp 100.000,00 / anak untuk dibelanjakan sesuai kebutuhan. Tugas dari kakak-kakak pendamping adalah memastikan bahwa adik-adik peserta dapat berbelanja sesuai kebutuhan dan prioritas, jadi bukan sekedar keinginan semata.

Acara yang berlangsung mulai dari pukul 14:30 hingga 16:30 WIB ini berlangsung dengan tertib dan diakhiri foto bersama di depan pintu masuk Carrefour. Tentu dukungan dari Save Street Child Mojokerto sebagai komunitas mitra sangat membantu kelancara acara ini. Ini adalah kali ketiga JCI Mojokerto menggandengan komunitas penggiat pendidikan anak jalanan ini setelah sebelumnya pernah mengadakan kegiatan outbound bersama adik-adik binaan mereka di ulang tahun pertama JCI Mojokerto pada bulan Desember 2013 dan saat menggelar acara Gebyar Donor Darah pada bulan Maret lalu.

Tidak lupa JCI Mojokerto berterimakasih kepada Lembaga Pemberdayaan Dompet Dhuafa (@DompetDhuafa) yang mempercayai kami untuk sekali lagi menjadi mitra dalam menyalurkan dana umat. Juga kepada Carrefour Mojokerto yang telah menyediakan tempat beserta segala sarananya, loket khusus, dan bingkisan untuk adik-adik peserta. Dan tentunya terimakash juga untuk para donatur semua. Semoga Allah S.W.T., Tuhan Yang Maha Esa, membalas kebaikan kita semua. Aamiin

Sampai jumpa di Ramadhan tahun depan. Insya Allah kita dapat membuat kegiatan serupa tahun depan, bahkan lebih baik lagi.

Muhammad Ayub

You may also like...