Dua Taun Mapag Kawantun – Mojang 1897

Bulan Februari selalu menjadi bulannya Mojang 1897 di setiap tahunnya karena bulan Februari merupakan bulan dimana fans klub yang diisi oleh perempuan-perempuan pecinta Juventus ini terbentuk. Jika membaca namanya, Mojang 1897 sudah barang tentu merupakan fans klub perempuan yang berasal dari tanah Sunda. 1897 sendiri diambil dari tahun berdirinya tim yang dijuluki La Vecchia Signora atau Si Nyonya Tua ini. Menginjak tahun ke dua tepat di tanggal 23 Februari, Mojang 1897 mengambil konsep yang berbeda dengan perayaan ulang tahun sebelumnya. Jika tahun lalu dirayakan selama dua hari satu malam di salah satu Villa di Lembang, tahun ini secondo anniversario Mojang 1897 diadakan lebih sederhana namun tak kalah meriah dan terasa lebih elegan. Dengan konsep mengangkat budaya Sunda, para tamu undangan diharuskan memakai pakaian khas tanah Pasundan, yakni perempuan memakai kebaya serta laki-laki memakai pangsi dan iket. Mungkin sudah sering melihat teman-teman Mojang 1897 di tempat nonton bareng dengan pakaian casual dan santainya serta berteriak lantang mendukung Juventus saat bermain, kini mereka terlihat sangat berbeda dengan kebaya dan berdandan sederhana namun cantik dan terlihat anggun.

“Dua taun mapag kawantun” menjadi tema dan tag line ulang tahun Mojang 1897 yang kedua. Bila diartikan secara harfiah ke dalam bahasa Indonesia berarti “Dua Tahun Menjemput Keberanian”. Kata ‘wantun’ sendiri merupakan jargon yang sudah melekat dan menjadi penyemangat tersendiri bagi Mojang 1897. Menjadi perempuan bukan berarti tidak bisa total dalam mendukung tim kesayangan. Terbukti dengan grinta yang mereka miliki di setiap acara, bernyanyi dan berteriak lantang mendukung Juventus saat para pemain bertanding di lapangan. Meskipun suara mereka tak terdengar sampai sana, tapi teriakan lantang itu selalu menjadi doa serta bentuk dukungan yang bisa mereka lakukan. Oleh karena itu, “Dua Taun Mapag Kawantun” menjadi doa dan motivasi tersendiri agar Mojang 1897 menjadi fans klub perempuan yang semakin berani di usia yang kedua ini. Tidak hanya berani saat mendukung Juventus, tetapi juga berani menginspirasi fans klub lain untuk terus berkarya. Selain itu, tidak hanya menjadi Juventina yang selalu wantun tetapi juga santun. Manner does matter.

Dirayakan hari Sabtu tanggal 28 Februari di Waroeng Doloe Jl.Purnawarman No.2, secondo anniversario Mojang 1897 tidak hanya dihadiri Juventini dan Juventina dari Bandung saja tetapi juga dari luar Bandung seperti Jakarta, Sumedang, Tangerang dan Cikampek. Dimulai pukul 20.00 WIB, acara dibuka dengan tarian khas Jawa Barat, Tari Jaipong yang diiringi lagu,  menambah suasana Sunda di perayaan ulang tahun Mojang 1897 malam itu, kemudian ditampilkan video kegiatan-kegiatan yang sudah dilakukan Mojang 1897 selama dua tahun ini, dilanjutkan dengan beberapa sambutan, diantaranya dari ketua Juventus Club Indonesia Chapter Bandung yang merupakan rumah dan keluarga besar Mojang 1897, kemudian sambutan dari ketua JCI Juvedonna yang menjadi induk Juvedonna di Indonesia serta tidak lupa sambutan dari koordinator Mojang 1897 yang selalu berpesan agar Mojang 1897 selalu menjadi Juventina yang wantun dan santun.

IMG_20150319_130552-crop

Acara juga diisi dengan live acoustic untuk menambah suasana agar semakin hangat, makan malam dan awarding untuk para pengurus Juventus Club Indonesia Chapter Bandung serta Mojang 1897 sebagai bentuk penghargaan untuk dedikasi mereka. Adapun kategori yang diberikan adalah Juventini Terfavorit, Juventini Terloyal, Juventini Tertotal, Juventini Ter-awesome, Juventini Terdasbod, Mojang Terfavorit serta Lifetime Achievment untuk salah satu pendiri Juventus Club Indonesia Chapter Bandung. Selain itu untuk menambah keceriaan dan suasana yang lebih hangat, acara juga diselingi dengan games yang melibatkan panitia dengan para tamu undangan agar bisa lebih akrab lagi. Tidak perlu merasa takut tidak dapat hadiah karena panitia sudah menyiapkan hadiah yang sangat banyak, terbukti dengan hampir semua tamu yang datang tidak pulang dengan tangan kosong dengan harapan apa yang diberikan bisa menjadi pengingat bahwa mereka pernah menjadi bagian dari kebersamaan acara anniversario Mojang 1897. Bagi yang ingin mengabadikan moment pun disediakan photo booth karena moment yang baik adalah hal yang tepat untuk selalu diingat.

IMG_20150319_130349-crop

Puncak acara diisi dengan persembahan para anggota Mojang 1897. Bukan menyanyikan yel-yel yang biasa mereka nyanyikan saat nonton bareng tetapi lagu Sunda, Mojang Priangan yang menambah suasana semakin identik dengan budaya Sunda. Diiringi dengan gitar akustik, mereka sukses menyanyikan lagu yang dipopulerkan oleh Nining Meida ini. Tidak lupa acara tiup lilin, potong kue serta berdoa bersama diikuti dengan menyanyikan lagu Sebuah Kisah Klasik dari Sheila On 7 dan lagu yang wajib dinyanyikan di setiap acara, Storia di un Grande Amore. Sebelum acara ditutup, ditampilkan video ucapan selamat ulang tahun dari Juvedonna dari setiap chapter di Indonesia. Meskipun tidak ikut serta dalam acara perayaan ulang tahun Mojang 1897 yang kedua, ucapan serta doa dari mereka menambah kemeriahan acara malam itu.
Diraksukan kabaya
Nambihan cahayana
Dangdosan sederhana
Mojang Priangan

IMG_20150319_130403-crop

Penggalan lirik lagu Mojang Priangan di atas semoga menjadi doa untuk Mojang 1897 agar selalu sederhana, tetap membumi, serta menginspirasi bahwa perempuan juga memiliki caranya sendiri untuk mencintai klub yang didukungnya dengan cara yang wantun dan santun.
Buon compleanno, Mojang 1897. Semoga selalu menanamkan grinta dan fino alla fine menjadi panutan untuk semakin semangat, berkembang dan solid serta selalu ada tahun-tahun selanjutnya untuk terus disyukuri.

IMG_20150319_100449

Anisa Dara Oktaviani
Mojang 1897

IKLAN: Dear Pengurus Chapter, baca ini, penting.

Dear petinggi Chapter, apa kabar? sudah jalan-jalan di situs kita yang terbaru di juventusclubindonesia.com ? Jika belum, diwajibkan untuk membaca artikel ini, Pembaharuan Situs Resmi JCI, Release di Giornata pertama!

Jika sudah, mari kita lanjutkan 🙂

Untuk meningkatkan solidaritas terkait informasi yang aktual, dan untuk menyatukan nusantara tanpa tebang pilih, Berikan informasi kegiatan di chapter kalian, dengan regulasi satu berita untuk satu bulan (minimal) melalu email [email protected], Kenapa begitu sedikit? karena kami sadar bahwa tidak semua pengurus di daerah memiliki waktu untuk melaporkan kegiatan berupa tulisan. lalu, kenapa harus diwajibkan? karena, membangun komunitas tentunya harus ada tanggungjawab untuk membesarkan, ini adalah teori dasar komunitas, kita perlu berkembang dan kita perlu adanya sosialisasi dan SHARING kepada yang lain.

Jadi, Kami tunggu laporan kegiatan Chapter, dengan format wajib (tanpa dihilangkan salahsatunya):

  1. Tulis laporan kegiatan melalui Body Email dan bukan attach dokumen ms.word, (agar mudah copy paste)
  2. Attach foto satu per satu, (tidak berupa zip atau rar)
  3. Subject Email: JCI (CHAPTER) STATEMENT – nama event, contoh JCI MAKASSAR STATEMENT – Berbagi dengan yatim piatu
  4. dikirim ke [email protected]

Syarat penulisan, Jawab pertanyaan dibawah ini:

  1. Apa jenis acaranya?
  2. Kapan waktu pelaksanaannya? gratis atau bayar?
  3. Siapa saja peserta kegiatan ini?
  4. Apa tujuan Acara tersebut?
  5. Apakah kalian menggiring sponsor? sebutkan dan jelaskan deskripsi semua sponsor, (deskripsi perusahaan)
  6. Tuliskan alur cerita kegiatan tersebut jika acaranya sudah berlangsung, atau jelaskan rangka pelaksanaannya jika acaranya belum berlangsung.
  7. Siapakah man of the match dari acara ini? adakah kisah unik dari pengurus chapter?
  8. Unique Audience (mengundang fans, anak yatim, artis, atau walikota, dsb), Jelaskan jika tidak ada.
  9. Apa Rencana selanjutnya?
  10. Akhiri tulisanmu dengan namamu, contoh: writer: Nama Kamu

empat poin & sembilan poin diatas adalah aturan baku, kami tidak bisa merelease Official Chapter Statement jika ada poin-poin yang dikurangi, dan kemungkin besar kami tidak menayangkannya.

Best Regards.

You may also like...