Jalan Mulus di Eropa

Terseok-seok di Serie A, dianggap kritis oleh fans dan media, nampaknya kurang begitu tepat jka melihat kiprah Juventus di Eropa. Ya, baru saja dinihari tadi Juventus menggilas Sevilla dua gol tanpa balas di J-Stadium. Kemenangan di kandang pertama dalam semua kompetisi ini juga melanjutkan tren kemenangan Juventus yang juga pada chapter pertama sukses menggulung Manchester City 2-1 di Etihad Stadium. Siapakah pahlawan pada pertandingan vs Sevilla ini? Dia adalah Alvaro Morata dan Simone Zaza.
Berikut jalannya pertandingan :

2

Dengan kostum kebanggaannya, skuad Juventus dengan gagah memasuki lapangan disusul oleh jersey merah polos Sevilla. Tepat Jonas Erikson membunyikan peluit pertamanya, disaat itu juga Juventus bergelora mencari celah pertahanan Sevilla. Terbukti, belum genap memasuki menit pertama, tendangan Pogba di dalam kotak pinalti yang bebas tanpa kawalan terlihat sudah akan menjadi gol. Namun ternyata masih melambung tinggi diatas gawang Sergio Rico.

3

8 menit kemudian giliran Hernanes yang mencoba peruntungannya. Tendangan jarak jauh dari luar kotak pinalti hanya melipir tipis di tiang gawang Sevilla. Serangan demi serangan dilancarkan Juventus, terutama lewat penetrasi Evra dan Cuadrado dari sisi sayap kiri dan kanan, namun kembali penyelesaian akhir menjadi pembeda. Contohnya, Dybala pada menit ke -17 yang mendapat wall pass dari Khedira di muka gawang Sevilla meluncurkan tendangan melengkung yang lagi-lagi tipis di kanan gawang Sergio Rico itu. 3 menit kemudian kembali Hernanes mencoba tendangan jarak jauh dan hasilnya tetap berada di pelukan kiper Sevilla.

4

Khedira! Pemain yang beristirahat cukup lama karena cedera namun langsung diturunkan setelah fit pada laga ini tampil impresif sepanjang pertandingan. Dibuktikan kembali dengan penetrasinya di menit-35. Menembus kotak pinalti lawan dengan cerdik dia melepaskan umpan datar silang kepada Dybala. Namun sayang nama terakhir terjatuh sebelum sempat menyontek bola di muka gawang tersebut.

41′ GOAL MORATA !! Sundulan tenang terarah ke pojok kiri gawang Sergio Rico hanya bisa dilihatnya memasuki jaring gawang Sevilla. Ini juga tak luput dari peran Barzagli. Berposisi tak lazim sebagai bek kanan, Ia mengirimkan umpan silang yang sangat baik kepada Morata.

5

Diakhir babak pertama, Sevilla mencoba tendangan jarak jauh ke gawang Juventus namun Buffon dapat dengan sigap menangkap bola tersebut. Selama babak pertama, Buffon tidak terlihat bekerja keras dalam menjaga gawangnya. Peluit babak pertama berakhir dibunyikan, 1 – 0 untuk Juventus.

6

Babak Kedua. Masih mengandalkan umpan silang dari sisi lapangan nampaknya kedua tim masih kesulitan dalam mendapatkan peluang emas sampai menit ke-51. Dybala mendapatkan umpan datar jauh dari pertahanan Juventus. Ia mendapatkan kesempatan one by one dengan Sergio Rico tapi sangat disayangkan sekali dapat digagalkan oleh kiper Sevilla. 15 menit babak kedua berjalan, Sevilla terlihat berhasil menguasai pertandingan walaupun sering kandas di tengah lapangan.

Peluang kembali didapatkan Dybala lewat tendangan bebas. Dybala yang sangat bekerja keras pada pertandingan ini dijatuhkan pemain Sevilla tepat di garis kotak pinalti setelah berusaha menerobos jantung pertahanan Sevilla. Kembali, tendangan bebasnya mampu ditepis Sergio Rico.

7

Cuadrado! Pemain yang mengobrak-abrik pertahanan Sevilla dari sayap ini mencoba peruntungannya. Melewati pemain bertahan Sevilla, Ia melepaskan tendangan keras dan tetap Sergio Rico bisa dengan tenang menepis bola deras tersebut. Allegri yang ingin mengubah strateginya kemudian menarik Khedira dan menggantikannya dengan Alex Sandro pada menit ke-76.

8

Pertandingan mulai terlihat keras saat pemain bertahan Sevilla, Coke, diganjar kartu kuning setelah mentekel Morata dari belakang. Pastinya Ia harus berhati-hati untuk tidak mendapatkan kartu kuning kedua. 10 menit sebelum pertandingan usai, Morata digantikan oleh Simone Zaza. 5 gol dari 5 pertandingan UCL telah menyandingkan Alvaro Morata sejajar dengan rekor yang didapatkan Alessandro Del Piero.

9

GOALL !! Allegri benar-benar saja sangat tepat dalam melakukan strategi pergantian pemain. Simone Zaza tidak perlu waktu lama untuk mencetak gol. Sevilla yang mencoba dengan keras mengejar ketertinggalannya tersebut membuat Juventus dengan cerdik melakukan serangangan balik pada menit ke-87. Dimulai dengan serangan balik yang digagas oleh Dybala yang kemudian jatuh bangun dihantam pemain Sevilla, kerja kerasnya terbayar saat bola bergulir menuju Simone Zaza yang kemudian berlari kencang berhadapan dengan Sergio Rico. Dengan tenang Zaza mengirimkan tendangan mendatar terarah ke pojok kanan gawang Sevilla. 2 – 0 dan para Juventini bergembira di Juventus Stadium.

10

Dybala yang bermain impresif di pertandingan ini kemudian diganti oleh debutan lainnya yaitu Daniel Rugani pada menit ke-88. Babak kedua telah memasuki masa injury time sebanyak 3 menit. Nampaknya Juventus telah berhasil mensegel 3 poin di lawatan kedua UCL musim ini. Benar saja, peluit akhir pun dibunyikan. Kegembiraan sangat terpancar dari wajah pemain dan pelatih Juventus, jauh dari asumsi bahwa Juventus sedang jatuh dan berada di performa yang mengkhawatirkan. Penyelesaian akhir memang menjadi pekerjaan rumah yang selalu Allegri tegaskan setiap pertandingan. Statistik mencatat Juventus melepaskan 20 tendangan yang dimana 6 diantaranya merupakan tendangan yang tepat mengarah kegawang dan 2 diantaranya berbuah gol.

11

Kemenangan ini semakin mengokohkan Juventus di peringkat 1 grup D dengan poin 6 dari dua pertandingan. Di pertandingan lainnya, Manchester City berhasil meraih kemenangan 2 – 1 di kandang Borussia Monchengladbach yang ditentukan oleh pinalti Sergio Aguero pada menit ke-90. 3 minggu lagi Juventus akan menjamu Borussia Monchengladbach di Juventus Stadium untuk pertandingan lanjutan di fase grup UCL musim ini.

Semoga Juventus dapat melanjutkan kiprahnya dan dapat meraih trophy bergengsi ini setelah musim sebelumnya dikalahkan Barcelona di final UCL musim lalu. Forza Juve !!

12

By : I Made Anggara Wijayatman

IKLAN: Dear Pengurus Chapter, baca ini, penting.

Dear petinggi Chapter, apa kabar? sudah jalan-jalan di situs kita yang terbaru di juventusclubindonesia.com ? Jika belum, diwajibkan untuk membaca artikel ini, Pembaharuan Situs Resmi JCI, Release di Giornata pertama!

 

Jika sudah, mari kita lanjutkan 🙂

 

Untuk meningkatkan solidaritas terkait informasi yang aktual, dan untuk menyatukan nusantara tanpa tebang pilih, Berikan informasi kegiatan di chapter kalian, dengan regulasi satu berita untuk satu bulan (minimal) melalu email [email protected], Kenapa begitu sedikit? karena kami sadar bahwa tidak semua pengurus di daerah memiliki waktu untuk melaporkan kegiatan berupa tulisan. lalu, kenapa harus diwajibkan? karena, membangun komunitas tentunya harus ada tanggungjawab untuk membesarkan, ini adalah teori dasar komunitas, kita perlu berkembang dan kita perlu adanya sosialisasi dan sharing kepada yang lain.

 

Jadi, Kami tunggu laporan kegiatan Chapter, dengan format wajib (tanpa dihilangkan salahsatunya):

 

  1. Tulis laporan kegiatan melalui Body Email dan bukan attach dokumen ms.word, (agar mudah copy paste)
  2. Attach foto satu per satu, (tidak berupa zip atau rar)
  3. Subject Email: JCI (CHAPTER) STATEMENT – nama event, contoh JCI MAKASSAR STATEMENT – Berbagi dengan yatim piatu
  4. dikirim ke [email protected]

 

Syarat penulisan, Jawab pertanyaan dibawah ini:

 

  1. Apa jenis acaranya?
  2. Kapan waktu pelaksanaannya? gratis atau bayar?
  3. Siapa saja peserta kegiatan ini?
  4. Apa tujuan Acara tersebut?
  5. Apakah kalian menggiring sponsor? sebutkan dan jelaskan deskripsi semua sponsor, (deskripsi perusahaan)
  6. Tuliskan alur cerita kegiatan tersebut jika acaranya sudah berlangsung, atau jelaskan rangka pelaksanaannya jika acaranya belum berlangsung.
  7. Siapakah man of the match dari acara ini? adakah kisah unik dari pengurus chapter?
  8. Unique Audience (mengundang fans, anak yatim, artis, atau walikota, dsb), Jelaskan jika tidak ada.
  9. Apa Rencana selanjutnya?
  10. Akhiri tulisanmu dengan namamu, contoh: writer: Nama Kamu

 

empat poin & sembilan poin diatas adalah aturan baku, kami tidak bisa merelease Official Chapter Statement jika ada poin-poin yang dikurangi, dan kemungkin besar kami tidak menayangkannya.

 

Best Regards.

Disclaimer: Dilarang untuk meng-copy atau menulis kembali konten di web ini tanpa mencantumkan sumber.

You may also like...