Jalan Santai “Clean & Healthy” Juventus Club Indonesia Chapter Balikpapan

Balikpapan merupakan kota yang terkenal dengan kebersihannya. Penghargaan nasional maupun internasional mengenai bersihnya kota Balikpapan sudah banyak diperoleh.

Berkenaan dengan gathering 3 bulanan yang rutin dilakukan oleh JCI Chapter Balikpapan (sudah memasuki edisi ke-10 kali ini semenjak resmi berdiri 14 Februari 2010), maka divisi kegiatan kali ini mengangkat tema “Clean & Healthy” alias Bersih dan Sehat dengan acara jalan santai sekaligus mengumpulkan sampah di sepanjang perjalanan rute jalan santai.

Acara yang berlangsung tanggal 23 November 2014 ini dimulai dengan berkumpul di Monpera (Monumen Perjuangan Rakyat), di Jl. Jendral Sudirman Balikpapan. Masih sedikit mengantuk usai nonbar Lazio vs Juventus yang baru berakhir sekitar pukul 05.30 WITA, kami berkumpul dengan penuh semangat setelah kemenangan 3-0 di Olimpico Roma mulai pukul 07.00 WITA. Sedikit kesiangan sebenarnya untuk berjalan santai. Tapi tak apalah. Yang penting berkumpul.

Mulai dari yang berkeluarga, yang berpasangan, hingga yang seorangan, sama-sama berkumpul dengan semangat. Acara dimulai dengan sambutan dari koordinator chapter, kemudian dari divisi kegiatan, dilanjutkan dengan senam ringan biar otot tidak kaku saat berjalan.

Kemudian setelah masing-masing orang diberikan satu kantong plastik untuk tempat sampah, dan diberikan instruksi sampah apa yang sebaiknya dipungut (bukan daun kering apalagi sampah yang sudah ada di tempat sampah), kami pun mulai berjalan dengan rute sampai lapangan merdeka dan mengelilinginya lalu kembali ke Monpera (lumayan bikin keringat).

006

Namun karena Balikpapan terkenal dengan bersihnya, sedikit cukup lama kami bisa “menemukan” sampah. Menuju Lapangan Merdeka, yang juga berlangsung Car Free Day dan banyak penjual kaki lima di sekitarnya jika hari Minggu, barulah sedikit-sedikit lama-lama sampah yang kami kumpulkan menjadi bukit.

Setelah memutari rute kamipun kembali ke lokasi pertama di Monpera, dan tidak lupa di tengah perjalanan pulang, tiket kami (HTM 10.000 dapat snack & stiker) digunting untuk mencoba sedikit peruntungan mendapatkan doorprize.

Hasil sampah yang kami pungut kami kumpulkan. Dan kejutannya, pengumpul terbanyak memperoleh jersey original Juventus. Hore!!

010

Sambil beristirahat dan makan snack yang diberikan panitia, doorprize pun dibagikan. Hadiah beragam mulai dari mug sampai jersey. Tentu saja, sampah bekas snack dan air mineral tetap dibersihkan.

Acara pun berakhir. Setelah berfoto bersama, sampah-sampah yang kami kumpulkan lalu kami bawa ke tempat sampah besar di sudut Monpera (sebenarnya sih menurut peraturan daerah, tidak boleh buang sampah di tempat sampah besar diluar jam 18.00-06,00 WITA, tapi kali ini dapat keringanan…)

008

Akhirnya, badan sehat, senang karena berkumpul dengan wajah baru dan wajah lama, dengan keluarga dan orang-orang tersayang teman-teman kami, kami pun juga melakukan tanggung jawab kami sebagai warga kota Balikpapan dengan tetap menjaga kebersihan kota. Semoga kedepannya semakin banyak kegiatan yang kami lakukan yang berguna bagi kota tercinta kami ini.

 

Penulis: @asriprahesti

 

002

 

IKLAN: Dear Pengurus Chapter, baca ini, penting.

Dear petinggi Chapter, apa kabar? sudah jalan-jalan di situs kita yang terbaru di juventusclubindonesia.com ? Jika belum, diwajibkan untuk membaca artikel ini, Pembaharuan Situs Resmi JCI, Release di Giornata pertama!

Jika sudah, mari kita lanjutkan 🙂

Untuk meningkatkan solidaritas terkait informasi yang aktual, dan untuk menyatukan nusantara tanpa tebang pilih, Berikan informasi kegiatan di chapter kalian, dengan regulasi satu berita untuk satu bulan (minimal) melalu email [email protected], Kenapa begitu sedikit? karena kami sadar bahwa tidak semua pengurus di daerah memiliki waktu untuk melaporkan kegiatan berupa tulisan. lalu, kenapa harus diwajibkan? karena, membangun komunitas tentunya harus ada tanggungjawab untuk membesarkan, ini adalah teori dasar komunitas, kita perlu berkembang dan kita perlu adanya sosialisasi dan sharing kepada yang lain.

Jadi, Kami tunggu laporan kegiatan Chapter, dengan format wajib (tanpa dihilangkan salahsatunya):

  1. Tulis laporan kegiatan melalui Body Email dan bukan attach dokumen ms.word, (agar mudah copy paste)
  2. Attach foto satu per satu, (tidak berupa zip atau rar)
  3. Subject Email: JCI (CHAPTER) STATEMENT – nama event, contoh JCI MAKASSAR STATEMENT – Berbagi dengan yatim piatu
  4. dikirim ke [email protected]

Syarat penulisan, Jawab pertanyaan dibawah ini:

  1. Apa jenis acaranya?
  2. Kapan waktu pelaksanaannya? gratis atau bayar?
  3. Siapa saja peserta kegiatan ini?
  4. Apa tujuan Acara tersebut?
  5. Apakah kalian menggiring sponsor? sebutkan dan jelaskan deskripsi semua sponsor, (deskripsi perusahaan)
  6. Tuliskan alur cerita kegiatan tersebut jika acaranya sudah berlangsung, atau jelaskan rangka pelaksanaannya jika acaranya belum berlangsung.
  7. Siapakah man of the match dari acara ini? adakah kisah unik dari pengurus chapter?
  8. Unique Audience (mengundang fans, anak yatim, artis, atau walikota, dsb), Jelaskan jika tidak ada.
  9. Apa Rencana selanjutnya?
  10. Akhiri tulisanmu dengan namamu, contoh: writer: Nama Kamu

empat poin & sembilan poin diatas adalah aturan baku, kami tidak bisa merelease Official Chapter Statement jika ada poin-poin yang dikurangi, dan kemungkin besar kami tidak menayangkannya.

Best Regards.

 

You may also like...