JCI JOGJA MENJADI SAHABAT SOS CHILDREN’S VILLAGE INDONESIA

Tercatat 4,1 juta anak Indonesia kehilangan pengasuhan. Tak sedikit dari mereka yang harus turun ke jalan mencari penghasilan dan mengubur mimpinya untuk mendapat pendidikan. Beberapa mengalami kekerasan fisik dan mental di lingkungan sekitarnya. Tak sedikit pula yang masih berjuang hidup dalam kemiskinan; kondisi rumah yang tidak layak, gizi buruk & layanan kesehatan yg minim.

Atas latar belakang itu, bekerja sama dengan SOS Children’s Villages – sebuah organisasi sosial nirlaba non-pemerintah yang fokus pada anak-anak – JCI Jogja berharap mampu memberi kontribusi bagi kelangsungan hidup anak Indonesia. Setiap bulannya JCI Jogja menyisihkan sebagian kas untuk didonasikan ke SOS Children’s Village Indonesia (recurring donation).

JCI Jogja memilih menjadi Sahabat SOS karena melihat sistem pengasuhan dan pendidikan anak yang diterapkan sangat baik. SOS Children’s Village Indonesia menggunakan sistem Pengasuhan Berbasis Keluarga (Family Based Care). Pengasuhan berbasis keluarga (Family Based Care) adalah sebuah bentuk pengasuhan alternatif untuk anak, yang kurang lebih bentuknya sama dengan keluarga pada umumnya. Dalam hal ini, termasuk juga bentuk lain pengasuhan, seperti keluarga asuh (foster care) yang dilakukan oleh SOS Children’s Villages.

Keluarga SOS tinggal dalam satu rumah yang berisi 8 sampai 10 anak dengan seorang Ibu Asuh (Foster Mother). Saudara kandung tetap dipertahankan bersama dalam satu rumah keluarga atas dasar prinsip yang terbaik untuk anak. Keluarga SOS terdiri dari anak-anak yang berbeda usia dan jenis kelamin yang secara alami berlaku sebagai adik-kakak seiring dengan tumbuhnya pertalian keluarga. Selain itu, pengasuhan anak di dalam SOS Children’s Village dilaksanakan atas dasar persamaan agamanya, agar mereka sedini mungkin dapat memperoleh pendidikan agamanya di bawah pimpinan seorang pengasuh yang seagama, yang menjadi pengganti ibunya.

Keluarga-keluarga SOS tinggal bersama, membentuk lingkungan desa yang mendukung anak-anak menikmati kegembiraan masa kanak-kanak mereka. Mereka juga hidup sebagai anggota yang berintegrasi dan memberikan kontribusi bagi masyarakat setempat. Melalui keluarga, desa dan masyarakat, setiap anak belajar ambil bagian secara aktif di dalam masyarakat. Disamping itu, akar budaya yang kuat dari masyarakat sekeliling akan diintegrasikan dan dipertahankan dalam lingkungan SOS Children’s Villages, agar anak-anak tetap tumbuh dalam lingkungan dan akar budaya yang sama.

Saat ini SOS Children’s Village Indonesia memiliki Village yang tersebar di 8 kota : Banda Aceh, Meulaboh, Medan, Jakarta, Bandung, Semarang, Bali, dan Maumere Flores. SOS Children’s Village Indonesia mengasuh 1200 anak di 100 rumah.

Mari bersama-sama kita memberikan perubahan; membantu pemenuhan hak-hak dasar anak dan membantu mereka wujudkan masa depan yang lebih baik. #JuventiniForChildren

“In this life, we cannot do great things. We can only do small things, with a great love” -Mother Teresa-

IKLAN: Dear Pengurus Chapter, baca ini, penting.

Dear petinggi Chapter, apa kabar? sudah jalan-jalan di situs kita yang terbaru di juventusclubindonesia.com ? Jika belum, diwajibkan untuk membaca artikel ini, Pembaharuan Situs Resmi JCI, Release di Giornata pertama!

Jika sudah, mari kita lanjutkan 🙂

Untuk meningkatkan solidaritas terkait informasi yang aktual, dan untuk menyatukan nusantara tanpa tebang pilih, Berikan informasi kegiatan di chapter kalian, dengan regulasi satu berita untuk satu bulan (minimal) melalu email [email protected], Kenapa begitu sedikit? karena kami sadar bahwa tidak semua pengurus di daerah memiliki waktu untuk melaporkan kegiatan berupa tulisan. lalu, kenapa harus diwajibkan? karena, membangun komunitas tentunya harus ada tanggungjawab untuk membesarkan, ini adalah teori dasar komunitas, kita perlu berkembang dan kita perlu adanya sosialisasi dan sharing kepada yang lain.

Jadi, Kami tunggu laporan kegiatan Chapter, dengan format wajib (tanpa dihilangkan salahsatunya):

Tulis laporan kegiatan melalui Body Email dan bukan attach dokumen ms.word, (agar mudah copy paste)
Attach foto satu per satu, (tidak berupa zip atau rar)
Subject Email: JCI (CHAPTER) STATEMENT – nama event, contoh JCI MAKASSAR STATEMENT – Berbagi dengan yatim piatu
dikirim ke [email protected]
Syarat penulisan, Jawab pertanyaan dibawah ini:

Apa jenis acaranya?
Kapan waktu pelaksanaannya? gratis atau bayar?
Siapa saja peserta kegiatan ini?
Apa tujuan Acara tersebut?
Apakah kalian menggiring sponsor? sebutkan dan jelaskan deskripsi semua sponsor, (deskripsi perusahaan)
Tuliskan alur cerita kegiatan tersebut jika acaranya sudah berlangsung, atau jelaskan rangka pelaksanaannya jika acaranya belum berlangsung.
Siapakah man of the match dari acara ini? adakah kisah unik dari pengurus chapter?
Unique Audience (mengundang fans, anak yatim, artis, atau walikota, dsb), Jelaskan jika tidak ada.
Apa Rencana selanjutnya?
Akhiri tulisanmu dengan namamu, contoh: writer: Nama Kamu
empat poin & sembilan poin diatas adalah aturan baku, kami tidak bisa merelease Official Chapter Statement jika ada poin-poin yang dikurangi, dan kemungkin besar kami tidak menayangkannya.

Best Regards.

Disclaimer: Dilarang untuk meng-copy atau menulis kembali konten di web ini tanpa mencantumkan sumber.

You may also like...