[Laporan] Semarak Gathering Daerah ke IV JCI Jawa Barat di Tasikmalaya

 

Lebih dari duapekan  yang lalu Gathering Daerah ke IV JCI Jawa Barat telah sukses digelar di Tasikmalaya. Event ini adalah acara berkumpulnya fans Juventus dibawah naungan Juventus Club Indonesia DOC di seluruh daerah Jawa Barat. Mereka tampak antusias dalam event gathda kali ini yang di gelar Sabtu & Minggu 21-22 Maret 2015 dalam format camping di Kawah Gunung Galunggung Tasikmalaya. Awalnya kami selaku panitia ragu jumlah peserta tidak akan sebanyak ini. Tapi sekitar 250 orang dari berbagai chapter di Jawa Barat dan beberapa chapter luar jawa Barat hadir dalam event rutin ini. Bandung, Banten, Bekasi, Boyolali, Ciamis, Cianjur, Cikampek, Cikarang, Cileungsi, Cirebon, Garut, Jakarta, Jepara, Karawang, Kuningan, Purwakarta, Majalengka, Solo, Sukabumi, Sumedang, Tangerang & Tangerang Selatan.

Sabtu pagi 21 Maret 2015 panitia sudah memulai penjemputan peserta di terminal kota & statsiun kota Tasikmalaya. Selain memakai transportasi umum, banyak juga yang membawa kendaraan pribadi. Semua rombongan peserta hadir satu persatu di meeting point Aulia Futsal Sport Hall yang berjarak hanya sekitar 50 meter dari kantor Polresta Tasik.
Sekitar jam 8 pagi booth registrasi ulang sudah dipenuhi peserta yang mulai datang, dengan pendaftaran hanya Rp. 150.000,- peserta mendapatkan merchandise official yang terdiri dari kaos, nametag, stiker, bandana, air mineral dan paket fastfood dari salah satu sponsor kami, semua dilengkapi dengan jasa transport, tiket masuk Galunggung, makan 3 kali & dapat berendam di Cipanas Galunggung. Tak lama setelah itu, peserta dengan penampilan khas pendaki gunung sudah mulai beranjak menuju kawasan wisata Galunggung tentu dengan memakai berbagai atribut Juventus maupun JCI. Transport kami siapkan bagi peserta yang tak membawa kendaraan pribadi. Cuaca pagi hingga siang yang cerah seolah memompa semangat para peserta. Setelah tiba di area parkir kawah, peserta dengan sangat semangat mulai mendaki.
Sekitar 620 tangga menyambut kedatangan para peserta. Tangga ini merupakan salah satu akses menuju bibir kawah. Rata-rata peserta membutuhkan waktu 30 menit mendaki tangga ini. Kemudian setelah tiba diujung tangga paling atas, peserta mulai trekking di jalur berpasir hingga turun menyusuri punggungan menuju dasar kawah dimana puluhan tenda dome telah disiapkan panitia di pinggir danau.
11075197_1096158200401246_132437038489132186_n Sensasi mendaki gunung pasti dirasakan semua peserta. Berkeringat sekaligus disuguhi panorama Galunggung yang indah. Sesekali ada peserta yg mengeluarkan HP & kamera untuk mengambil foto & banyak juga yang berselfie ria. Venue gathering kali ini benar-benar berbeda dari sebelumnya. Dibutuhkan perjuangan untuk mencapai lokasi selain perlengkapan & fisik yang prima.

IMG_1739
Awalnya di sore hari akan kami isi dengan mini game, namun sayangnya cuaca sore itu kurang mendukung. Hujan lebat disertai angin memaksa kami berteduh & berlindung menghangat diri di dalam tenda ada yang bercengkrama, main kartu ngopi hingga main tebak-tebakan yang tak jarang disertai gelak tawa. Saking kencangnya angin, ada tenda kecil yang belum terpasang patok terbawa angin. Para panitia tampak kerepotan karenanya. Adegan beberapa panitia mengejar tenda ini lumayan menjadi hiburan sore itu. Dan hujan kembali reda sebelum maghrib.
Meski ada kendala akibat cuaca, setelah makan malam acara inti akhirnya dapat kami gelar. Setelah api unggun menyala, MC dari StyleFM mulai memimpin acara malam itu. Sambutan dari ketua pelaksana Gilang hingga pemaparan dari ketua umum JCI Chapter Tasikmalaya, Khodel yang menjelaskan kenapa gathda kali berlokasi di Gunung Galunggung. “Kami menginginkan suasana yang berbeda, agar nantinya ini menjadi sesuatu yang memorable. Semoga gathda selanjutnya lebih inovatif dengan ide-ide gila yang lebih fresh”. Lalu lanjut oleh koordinator Jawa Barat, Bayu Agitha yang memberikan aplaus dan salute serta memberi apresiasi kepada kerja keras panitia. Acara pun kemudian secara resmi dibuka oleh presiden JCI, Ananta Ariaji. Beliau pun amat sangat antusias dengan One Night Camp ini. Lalu para perwakilan peserta tiap chapter maju dan memberikan apresiasi langsung serta tak sedikit yang membawa oleh-oleh. Terima kasih.
IMG_1446

 Band yang sengaja kami hadirkan mengisi acara malam itu. Playlist dengan lagu-lagu yang sangat akrab di telinga para peserta membuat mereka tak hentinya ikut bernyanyi bersama. Akustikan malam itu juga diisi oleh penampilan Ade Maolana & Bayu Agitha dari chapter Bandung yang membawakan lagu Juve. Kemudian setelah puas bernyanyi, chant dari tiap chapter saut menyaut bergema hingga acara ceremony di tutup menjelang tengah malam. Lalu kebanyakan peserta mulai beristirahat masuk tenda dan beberapa masih di api unggun sembari saling bercerita, ngopi & juga bermain gitar.

Bagi delegasi chapter, mereka mulai merapat ke salah satu warung yang kebetulan buka di kawah. Sepertinya ini pertama kali musyawarah daerah / musda digelar di warung sambil ngopi. Beberapa hal seputar Jci di bahas hingga akhirnya presentasi  calon tuan rumah Gathda Jawa Barat selanjutnya. Dan keesokan harinya setelah packing, foto bersama dan opsih sampah, diumumkanlah chapter Cirebon yang menjadi tuan rumah di 2017. Jadi kedepannya, gathda digelar 2 tahun sekali begitu pula gathnas. Lalu man of the match kali ini ketua umum kami,  Khodel bersama perwakilan JCI Pusat menutup secara resmi gathda ke IV tahun 2015 ini.

IMG_1634 (1)

 Setelah sarapan, lalu berendam di Cipanas Galunggung para peserta mulai mobilisasi kepulangan ke daerah masing-masing dan beberapa ada juga yang berkeliling sekitar kota Tasik sambil menunggu bus & kereta.
Dengan segala keterbatasan yang ada, kami bersyukur gathda kali ini berlangsung lancar, aman dan dari begitu banyak testimoni yang masuk lewat hastag #GathdaJabarT4sik ke akun Twitter @JCI_Tasikmalaya para peserta mengungkapkan gathda ini sangat berkesan. Hingga ada yang ketagihan naik gunung. Next event kami akan menggelar agenda rutin tahunan lainnya dan semoga termasuk pesta scudetto ke 33 Juventus.
11054264_1016905608337237_3543244332738382751_n

IMG_1748

Mohon maaf atas segala kekurangan dan terimakasih kepada JCI Pusat, Djarum Supersoccer, McDonald’s, PT. Remaja Bangun Persada, Plusminus, Mabasa, StyleFM Radio, Aulia Futsal Sport Hall, para donatur, Polres Tasik, Koramil, Polsek, Kades Sukaratu, Forum Komunikasi Pecinta Alam Tasikmalaya, Basarnas, Perhutani Dinas Pariwisata & Pengelola kawasan wisata Galunggung serta kepada seluruh peserta dan panitia, sampai jumpa.

19600_1022372557790542_7888426043716581240_n
Fino Alla Fine.

@gilangibe

Foto lengkap cek FB fans page JCI Chapter Tasikmalayahttps://www.facebook.com/media/set/?set=a.1021875517840246.1073741830.162948413732965&type=1

HIMBAUAN: Dear Pengurus Chapter, baca ini, penting.

Dear petinggi Chapter, apa kabar? sudah jalan-jalan di situs kita yang terbaru di juventusclubindonesia.com ? Jika belum, diwajibkan untuk membaca artikel ini, Pembaharuan Situs Resmi JCI, Release di Giornata pertama!

Jika sudah, mari kita lanjutkan 🙂

Untuk meningkatkan solidaritas terkait informasi yang aktual, dan untuk menyatukan nusantara tanpa tebang pilih, Berikan informasi kegiatan di chapter kalian, dengan regulasi satu berita untuk satu bulan (minimal) melalu email [email protected], Kenapa begitu sedikit? karena kami sadar bahwa tidak semua pengurus di daerah memiliki waktu untuk melaporkan kegiatan berupa tulisan. lalu, kenapa harus diwajibkan? karena, membangun komunitas tentunya harus ada tanggungjawab untuk membesarkan, ini adalah teori dasar komunitas, kita perlu berkembang dan kita perlu adanya sosialisasi dan sharing kepada yang lain.

Jadi, Kami tunggu laporan kegiatan Chapter, dengan format wajib (tanpa dihilangkan salahsatunya):

  1. Tulis laporan kegiatan melalui Body Email dan bukan attach dokumen ms.word, (agar mudah copy paste)
  2. Attach foto satu per satu, (tidak berupa zip atau rar)
  3. Subject Email: JCI (CHAPTER) STATEMENT – nama event, contoh JCI MAKASSAR STATEMENT – Berbagi dengan yatim piatu
  4. dikirim ke [email protected]

Syarat penulisan, Jawab pertanyaan dibawah ini:

  1. Apa jenis acaranya?
  2. Kapan waktu pelaksanaannya? gratis atau bayar?
  3. Siapa saja peserta kegiatan ini?
  4. Apa tujuan Acara tersebut?
  5. Apakah kalian menggiring sponsor? sebutkan dan jelaskan deskripsi semua sponsor, (deskripsi perusahaan)
  6. Tuliskan alur cerita kegiatan tersebut jika acaranya sudah berlangsung, atau jelaskan rangka pelaksanaannya jika acaranya belum berlangsung.
  7. Siapakah man of the match dari acara ini? adakah kisah unik dari pengurus chapter?
  8. Unique Audience (mengundang fans, anak yatim, artis, atau walikota, dsb), Jelaskan jika tidak ada.
  9. Apa Rencana selanjutnya?
  10. Akhiri tulisanmu dengan namamu, contoh: writer: Nama Kamu

empat poin & sembilan poin diatas adalah aturan baku, kami tidak bisa merelease Official Chapter Statement jika ada poin-poin yang dikurangi, dan kemungkin besar kami tidak menayangkannya.

Best Regardz.

 

You may also like...