Preview UCL Sevilla vs Juventus

 

Kurang dari 48 jam, Juventus akan melakoni laga tandang terakhir fase grup Liga Champions menghadapi Sevilla. Meski sudah dipastikan lolos ke fase knockout, allenatore Massimiliano Allegri menegaskan bahwa dia menginginkan tim asuhannya menjadi juara grup.

Allegri punya alasan logis mengapa menjadi juara grup begitu berharga bagi Juventus. Selama November Juventus mengalami peningkatan yang bagus dari segi performa dan hasil, meski demikian Juventus tetap harus melewati banyak tes terlebih dahulu sebelum menghadapi tim-tim besar Eropa lain yang sudah jauh lebih padu seperti Barcelona dan Bayern Muenchen.

Sevilla yang Selasa malam waktu setempat akan menjadi tuan rumah memang sedang menjalani musim yang berat. Selain performa minor di Liga Champions, jaura Liga Europa musim lalu ini juga tampil kurang mengesankan di kompetisi domestik. Saat ini Sevilla terdampar di posisi 10 klasemen La Liga.

Terlepas buruknya penampilan anak-anak asuh Unai Emery musim ini, perjalanan mereka di kompetisi Eropa berlum berakhir. Jika bisa mengalahkan sang tamu Juventus, Sevilla berpeluang untuk merebut posisi 3 Grup D dari Borussia Monchengladbach dan melanjutkan petualangannya di Liga Europa.

Sevilla yang bermodal motivasi untuk terus bertahan di kompetisi Eropa, pertandingan ini jelas tidak akan mudah bagi Juventus.

Leonardo Bonucci juga punya pandangan pribadi terait aspek psikologis dan taktis timnya jelang duel penting di Liga Champions ini.

Menurut bek andalan Italia ini, peran Allegri di balik kebangkitan Juventus selama bulan November sangat besar. Allegri dibilang berhasil menjaga kekompakan timnya dan menerapkan taktik yang baik.

“Terima kasih untuk bos (Allegri) dan seuluruh tim untuk kekompakan kami di belakang, seluruh tim telah bekerja keras untuk satu sama lain. Formasi 3-5-2 yang kami gunakan saat ini memberi kami basis pertahanan yang mana membuat pemain kreatif kami menyerang dengan rasa percaya diri yang baik di depan,” ujar Bonucci seperti dilansir dari Juventus.com.

Senada dengan Allegri, Bonucci juga menginginkan undian yang menyenangkan bagi timnya. Untuk memuluskan langkah agar terus melaju di Liga Champions, terhindar dari tim-tim raksasa lebih awal tentu sangat membantu, sembari skuat asuhan Allegri saat ini untuk terus berkembang hingga lebih siap saat menghadapi tim raksasa Eropa lainnya.

“Sevilla? Kami harus pergi ke sana dan memastikan bahwa kami fokus pada permainan kami sendiri. Untuk mendapatkan undian babak 16 besar yang menguntungkan, kami membutuhkan hasil positif.” lanjut Bonucci.

Blanquirrojos tetaplah tim yang harus diwaspadai Juventus. Mereka memiliki banyak pemain berkualitas. Di depan ada Kevin Gameiro dan mantan penyerang Juventus Fernando Llorente, sedangkan lini tengah Sevilla juga cukup kuat dengan kehadiran pemain seperti Ever Banega dan Grzegorz Krychowiak.

Pertarungan yang cenderung fisikal kemungkinan tidak terhindarkan di lini tengah karena Krychowiak punya kualitas dalam duel perebutan bola. Mengamankan penguasaan bola dengan mengandalkan Claudio Marchisio sebagai penyambung dan pergerakan kreatif dari pemain seperti Paulo Dybala, Paul Pogba, dan Juan Cuadrado bisa memberi kesulitan berarti bagi pertahanan Sevilla yang sudah kebobolan 11 gol selama fase frup Liga Champions.

Bagaimanapun kedua tim punya motivasi besar untuk memenangkan pertandingan ini. Menarik ditunggu apakah Juventus mampu menjadi juara grup D atau Sevilla tetap bertahan di kompetisi Eropa.

Zico

You may also like...