Review Juve vs Fiorentina

 

Catatan impresif terus ditunjukkan anak-anak asuhan Max Allegri, dalam pertandingan Serie-A semalam Juventus berhasil mengalahkan penghuni peringkat ketiga klasemen sementara, Fiorentina, dengan skor meyakinkan 3-1. Pada pertandingan yang dipimpin oleh wasit Daniele Orsato ini, para punggawa baru hasil rekrutan bursa transfer musim panas dari Juventus menjadi pencetak gol-gol penentu kemenangan atas Fiorentina

Line Up

Juventus (3-5-2): Buffon; Barzagli, Bonucci, Chiellini; Cuadrado, Khedira, Marchisio, Pogba, Evra; Dybala, Mandzukic

  • Sami Khedira dan Patrice Evra kembali mengisi startingXI Juventus setelah absen dalam beberapa partai terakhir. Line Up Juventus kali ini bisa dibilang merupakan Line Up terbaik yang dimiliki Juventus (kecuali di sisi kiri dimana Alex Sandro masih bersaing dengan Evra untuk posisi utama).

Fiorentina (3-4-2-1): Tatarusanu; Tomovic, Rodriguez, Astori; Bernardeschi, Badelj, Vecino, Alonso; Ilicic, Valero; Kalinic

  • Fiorentina juga menurunkan pemain-pemain terbaiknya di pertandingan big match kali ini. Anak asuhan Paulo Sousa (ex-pemain Juventus saat memenangi UCL tahun 1996) sedang menikmati performa yang tidak kalah bagus di Serie-A. Performa yang membuat tim mereka mampu bercokol di posisi ketiga klasemen sementara Liga Italia.

Jalan dan Analisis Pertandingan

unnamed

2′ Fiorentina mencoba mengambil inisiatif permainan di awal laga, Borja Valero yang meringsek masuk ke kotak penalti melepaskan umpan datar pada Bernadeschi yang melakukan akselerasi ke kotak penalti Juve. Lalu terjadi insiden dimana Bernadeschi tampak terjatuh setelah melewati Chiellini. Awalnya wasit nampak melanjutkan permainan, namun setelah menerima saran dari asisten wasit, ia langsung menunjuk titik putih. Penalti untuk Fiorentina di awal laga..! Cukup kontroversial memang, karena dari tayangan lambat terlihat jika terjadinya kontak sangat minor (debatable), dan bola tidak pada arah menuju gawang, sangat soft kalau diberikan penalti

3′ Josip Ilicic ? maju menjadi eksekutor. Tanpa ragu ia menendang bola ke sebelah kiri gawang Buffon. Buffon yang sebenarnya sudah menebak arah bola, tak sanggup membendung tendangan keras Ili?i?. 0-1 Fiorentina memimpin.

6′ GOL JUVENTUS..!!! The Old Lady langsung merespon ketinggalan dengan baik. Berawal dari French connection Pogba-Evra di sisi kiri sayap Juventus, diakhiri dengan umpan silang Uncle Pat ke tiang jauh. Umpan tersebut disambut dengan leluasa oleh sundulan Cuadrado yang melambung ke sisi jauh Tatarusanu yang hanya bisa terdiam menyaksikan bola masuk ke gawangnya. 1-1, Game on…!!!! Pada wawancara dengan Football Italia pasca pertandingan, winger asal Kolombia ini mengaku jika gol tersebut sebenarnya terjadi secara tidak sengaja. Ia berkata, “Saya melihat Sami Khedira di tiang jauh dan dalam usaha saya menyundul ke arahnya, bola malah meluncur dengan jalur berbeda. Mungkin berkat bantuan rambut!” 😆

14′ Paulo Dybala hampir menambah keunggulan Juventus, wall pass dari Mandzukic diakhiri dengan akselerasi La Joya yang dengan manis berhasil me-nutmeg Astori, sayang tembakan kaki kanannya masih bisa di blok Tomovic dan di tangkap oleh Tatarusanu. Great effort..!

25′ Kembali Juventus berhasil mengobrak abrik sisi kanan pertahanan Fiorentina, Pogba berhasil memberikan umpan pada Evra yang langsung melepaskan umpan datar Pada Dybala. Sayang tembakan La Joya masih bisa di blok penjaga gawang.

33′ Kartu kuning pertama di pertandingan ini dihadiahkan Orsato pada Alonso setelah kedapatan dengan sengaja menarik tangan Dybala ketika ia melakukan serangan balik. Sebelumnya Alonso memang beberapa kali telah melakukan pelanggaran,hadiah kartu kuning layak diberikan pada pemain jebolan akademi Real Madrid ini.

39′ Evra kembali melepaskan umpan silang dari sayap kiri, namun masih bisa dibuang dengan baik oleh pemain bertahan Fiorentina. Tak ada peluang berarti sampai babak pertama selesai.

Half Time: 1-1. Suhu dingin 4° Celcius di Turin ternyata tidak menjadikan pertandingan berjalan membosankan. Malah tensi panas tersaji di dalam Lapangan. Pertarungan ketat terjadi di lini tengah dimana Duet Khedira-Marchisio mendapat hadangan dari Badelj-Vecino. Serangan Fiorentina dengan trisula Valero-Ili?i?+Kalinic masih bisa dinetralisir oleh trio difensori BBC. Sementara Juventus yang lebih mengandalkan lebar lapangan berhasil beberapa kali mendapat peluang bagus yang sayangnya masih belum bisa menambah keunggulan. Bernadeschi terlihat terlalu fokus dalam menyerang sehingga lupa membantu pertahanan. Dari Gol Cuadrado bisa dilihat jika Bernadeschi tidak memberikan pengawalan ketat pada Evra sehingga Uncle Pat bisa dengan leluasa melepaskan umpan matang kepada Cuadrado.

unnamed(1)
47′ World class interception..! Bonucci melakukan intercept apik saat menggagalkan umpan datar yang ditujukan untuk Kalinic. Sejauh ini, Kalinic (9 gol di Serie A) berhasil “dikantongi” oleh Chiellini dan Bonucci

52′ Wasit kembali mengeluarkan kartu kuning dari kantungnya, kali ini Pogba yang dihadiahi kartu kuning dengan “dakwaan” melanggar Valero. Para pemain Juventus terlihat melakukan protes yang cukup keras karena mereka menilai sebenarnya Pogba sedang berada dalam posisi menguasain bola. Namun Orsato tetap pada keputusannya.

54′ Kembali Bonucci melakukan tackle cantik untuk menggagalkan usaha Kalinic, yang kali ini mencoba melakukan kombinasi dengan Vecino. Bonucci makin menunjukkan kematangannya dalam bermain, game reading dan kemampuan long passing diatas rata-rata telah membuat Bonucci berada dalam jajaran pemain bertahan papan atas Eropa.

56′ Valero dihadiahi kartu kuning setelah melakukan pelanggaran keras pada Marchisio.

59′ Dybala..! Hampir saja tendangan La Joya menambah keunggulan Juve. Kembali dari umpan silang mendatar Evra, Dybala berhasil mencari posisi untuk langsung menembak bola langsung. Sayang tembakannya masih menyamping.

62′ Khedira OFF – Sturaro IN. Gelandang asal Jerman yang baru pulih ini digantikan oleh Sturaro. Langsung tampil sebagai starter, Khedira menampilkan performa yang solid, tidak meberikan ruang bagi gelandang Fiorentina untuk berkreasi, juga cepat membangun serangan dan berkolaborasi dengan Cuadrado di sisi kanan.

68′ Ilicic menjadi pemain ketiga Fiorentina yang mendapat kartu kuning setelah melakukan protes berlebihan ketika dirinya tidak diberikan pelanggaran saat beradu badan dengan Marchisio dan Chiellini

72′ Wasit lagi-lagi mengeluarkan kartu kuning dari sakunya. Kali ini Vecino dan Mandzukic mendapat ammonito setelah saling dorong dan terlihat beradu mulut. Suasana pertandingan makin panas, dan dengan skor yang masih imbang membuat pemain harus mengatur emosi demi performa tim.

75′ Kali ini gantian Marchisio yang melanggar Valero, membuat Daniele Orsato harus menghadiahinya dengan kartu kuning.

77′ Evra OFF – Alex Sandro IN. Allegri membuat pergantian pemain sesuai dugaan para penonton, Evra yang bermain apik dan memberi 1 assist digantikan oleh Alex Sandro yang notabene mempunyai naluri menyerang lebih baik dari Evra (4 assists dari 6 pertandingan terakhir). Sinyal kuat dari Allegri: Juventus mengincar kemenangan!

80′ GOL JUVENTUS..!!! The deadlock is broken..!! Mario Mandzukic kembali menunjukkan jika dirinya lah predator yang dibutuhkan Juventus untuk memecah kebuntuan. Berawal dari usahanya memenangkan duel dengan Astori, Mandzukic memberikan umpan pada Pogba yang langsung melakukan drive ke kotak penalti Fiorentina. Lalu ia melepaskan umpan mendatar akurat pada Dybala yang telah berdiri bebas. Sebenarnya first touch Dybala tidak terlalu bagus sehingga bola berhasil direbut oleh Tatarusanu, namun bola pantul langsung dihajar oleh Mandzukic yang seolah-olah telah mengetahui jika bola akan bergulir ke arahnya. Predator instict, 2-1 Juventus unggul..!!

81′ Selepas unggul, Juventus tidak mengendurkan permainan dan tetap mengincar gol. Memanfaatkan pemain Fiorentina yang tampak sudah mulai kehabisan tenaga, Juven masih sanggup menciptakan peluang lewat Sturaro. Berawal dari umpan silang Cuadrado, Sturaro berhasil menyundul bola dan memaksa Tatarusanu berjibaku menyelamatkan gawangnya.

Pada pertandingan ini, sebenarnya penguasaan bola lebih berpihak pada tim tamu, Fiorentina dengan sabar membangun operan dari belakang dan seolah hendak memancing pemain Juventus keluar.

unnamed(9)
unnamed(3)
unnamed(4)

Dapat dilihat dari statistik diatas, jika para pemain bertahan Fiorentina menjadi pemain dengan jumlah operan terbanyak. Namun ketika bergerak ke area bertahan lawan, mereka selalu gagal dalam membongkar pertahanan Juventus yang dikomandoi oleh trio BBC. Bisa dilihat jika Evra menjadi pemain dengan kreasi peluang terbanyak, dan Chiellini yang notabene seorang bek tengah mampu melakukan passing akurat di 1/3 akhir lapangan lebih banyak dibanding playmaker Fiorentina, Borja Valero. Juventus berhasil bermain dengan sabar, melumpuhkan serangan yang dibangun Fiorentina, dan langsung melancarkan serangan agresif langsung ke jantung pertahanan Fiorentina. Faktanya, selain gol dari penalti di babak pertama, Fiorentina tidak mampu lagi mengkreasikan peluang bersih yang mengancam gawang Juventus.

85′ Alonso OFF – Pasqual IN; Ilicic OFF – Matías Fernández IN

85′ Mandzukic OFF – Morata IN. 4 gol dan 1 assist dari 6 pertandingan terakhir menjadi bukti betapa berbahayanya penyerang asal Kroasia ini jika tengah berada dalam performa terbaiknya. Keep scoring, Mario…!!!

90’+1 GOL JUVENTUS..!!! La Joya has done it again and again..!! Juventus menutup pertandingan dengan meyakinkan melalui gol penyerang muda asal Argentina ini. Melalui skema mirip gol Morata saat melawan Man.City di Liga Champions, Bonucci melepaskan umpan panjang ke sisi kiri pertahanan Fiorentina. Astori yang mencoba menghalau bola malah menyapu bola ke area dalam pertahanan Fiorentina, tempat dimana Dybala langsung mengambil bola. La Joya dengan dingin menggiring bola melewati Tomovic sebelum menceploskan bola ke gawang Fiorentina. 3-1..!

90’+3 FULL TIME 3-1. Vittoria..! Dengan kemenangan ini Juventus berhasil menyalip AS Roma dari posisi ke 4 klasemen sementara Liga Italia. Hasil ini tentunya merupakan pencapaian yang impresif mengingat Juventus sempat terjerembab di papan tengah pada 10 pekan awal Serie A. Mari kita doakan agar Juventus terus mencatatkan hasil bagus pada pekan-pekan berikutnya.

unnamed(5)
unnamed(6)

unnamed(8)

Man of the macth

unnamed
unnamed(9)
Lagi-lagi Dybala berhasil menjadi inspirasi bagi permainan Juventus. Kerjasama apiknya baik dengan Paul Pogba, Evra dan Mandzukic menjadikan dirinya sebagai pemain yang secara konstan menebar ancaman bagi gawang Fiorentina. 1 gol, 6 tembakan (50% akurasi), 2 chances created, dan 4 take-ons adalah bukti dari apiknya performa La Joya pada pertandingan semalam.

 

Partai berikutnya adalah babak 16 besar Coppa Italia, dimana Juventus akan menjamu musuh bebuyutannya Torino. Meskipun “hanya” bertajuk Coppa Italia, Max Allegri dipastikan tidak akan main-main dalam melakoni partai ini, mengingat status Juventus sebagai juara bertahan kompetisi ini. Diharapkan Juventus akan melakukan beberapa rotasi yang tidak akan mengurangi kualitas permainan. Neto, Rugani, dan Zaza diperkirakan akan bermain dari awal pertandingan.

 

~Fino Alla Fine…FORZA JUVENTUS…!!!~

 

ditulis oleh Ali Hanafiah (@AliHanafiah_)

You may also like...