Review Juve vs Torino – coppa Italia

CWYLMycUEAAl4bB

Juventus berhasil melangkah ke babak perempat final Coppa Italia setelah membungkam rival sekotanya, torino, dengan skor telak 4-0. Pada pertandingan yang digelar di stadion kebanggan Juventus, Simone Zaza menjadi bintang kemenangan Juventus  dengan sepasang gol cantiknya

Line Up

JUVENTUS (3-5-2): Neto; Rugani, Bonucci, Chiellini, Lichtsteiner, Khedira, Marchisio, Pogba, Sandro; Zaza, Morata –> Masih dengan formasi khas 3-5-2, Allegri total melakukan 6 rotasi pemain dalam line up. Neto bermain di posisi penjaga gawang, Daniele Rugani (akhirnya) mendapat kesempatan untuk bermain sedari awal:grin: , di sektor tengah Lichtsteiner dan Alex Sandro bermain di kedua ujung sayap, dan ZAZA  beserta Alvaro Morata menjadi juru gedor di lini depan. Dari sini dapat kita lihat bagaimana Juventus bisa memaksimalkan kedalaman tim yang dimiliki dengan baik.

TORINO (3-5-2): Ichazo; Bovo, Glik, Moretti; Peres, Acquah, Gazzi, Baselli, Molinaro; Lopez, Belotti.

Jalan dan Analisis Pertandingan

unnamed

unnamed(2)
unnamed(3)
Pertandingan berjalan dengan tempo senderung rendah di awal laga. Baik Juventus maupun Torino seakan hendak meraba pola permainan lawan terlebih dahulu.

9′ Juventus mulai menginjak pedal gas. Lichtsteiner melakukan akselerasi dari sayap kanan, umpan silangnya pada Pogba masih bisa dihalau Bruno Peres yang melakukan track back dengan baik. Jika kita ingat, Bruno Peres pernah membobol gawang Juventus dalam pertandingan Serie A musim lalu lewat gol solo run apik yang menyisir sayap kanan.

11′ tempo pertandingan mulai naik, kedua tim mulai saling bergantian menyerang. Torino memanfaatkan permainan sayap melalui Molinaro di kiri, dan Peres di kanan. Beruntung Juventus mempunyai bek-bek sayap handal yang mampu meredam serangan sayap Torino.

19′ Juventus mulai memegang kontrol permainan. Trio Pogba-Marchisio-Khedira mulai mengambil alih permainan di lapangan tengah. Imbasnya, Alex Sandro dan Lichtsteiner mulai rajin melakukan overlap.

21′ Tensi tinggi..! Terjadi tabrakan keras antara Glik dan Zaza. Glik melakukan clearance pada umpan yang ditujukkan pada Zaza, namun terjadi benturan setelahnya dan Zaza merasa dilanggar. Kamil Glik memang bek tengah yang terkenal tidak ragu dalam bermain keras. Dan dalam pertandingan semalam nampaknya ia ditugaskan khusus mengawal Zaza.

22′ Kartu kuning Zaza. Pemain berusia 24 tahun ini diberi ammonito oleh wasit Doveri setelah mengganjal Bruno Peres dengan keras. Pelanggaran yang tidak perlu sebenarnya, mengingat posisi Peres yang masih berada pada daerah permainan Torino.

25′ Kembali Zaza melakukan agresi yang berbahaya, kali ini ditujukan pada kiper Torino, Ichazo. Saat menerima back pass, Ichazo yang berniat membuang bola menerima terjangan dari Zaza. Sempat terjadi adu debat dari para pemain Torino melakukan protes mengingat Zaza sudah terkena kartu kuning. Namun wasit tidak menyatakan itu sebagai pelanggaran karena menganggap Zaza tidak menyentuh Ichazo.

28′ GOL JUVENTUS…!!! Simone Zaza membuka keunggulan Juventus melalui gol menabjubkan. Berawal dari aksi ciamik Alvaro Morata di sisi kiri yang berhasil mengecoh Bovo & Peres, ia lalu mengirimkan umpan silang ke jantung pertahanan Torino. Zaza yang berhasil memposisikan diri diantara Moretti dan Glik tanpa ampun langsung memberikan hantaman kaki kiri menjebol gawang Torino. 1-0 Juventus memimpin.

Gol tersebut seolah menjadi pembungkam kepada banyak pihak yang meragukan kemampuan Zaza. Faktanya, Zaza merupakan penyerang Juventus dengan rasio gol/partai paling baik. Sejauh ini ia berhasil menciptakan 1 gol setiap 73 menit.

34′ Torino sempat menciptakan peluang saat Belotti berhasil melepaskan tembakan ditengah kawalan bek bek Juventus. Namun tembakannya masih melenceng dan tidak membuat Neto khawatir.

35′ Kartu kuning diberikan kepada Molinaro setelah ia melakukan pelanggaran kepada Khedira.

39′ Kartu kuning didapat oleh Marchisio setelah mengganjal Belotti dari belakang.

42′ Acquah menerima kartu kuning lainnya dari wasit setelah melanggar mengganjal betis Morata dari belakang. Total sejauh ini wasit sudah mengeluarkan 4 kartu kuning dari sakunya. Kedua tim butuh melakukan evaluasi ulang saat turun minum jika ingin tetap menyelesaikan pertandingan dengan 11 pemain

45’+1′ Half Time, Juventus unggul 1-0 melalui gol berkelas dari Simone Zaza.

HT: Juventus 1-0 Torino

47′ Babak kedua dimulai dengan tendangan Morata yang memaksa Ichazo melakukan penyelamatan gemilan. Tendangan pojok yang terjadi berikutnya berujung pada bersarang nya bola di gawang Torino, namun wasit menganulir gol tersebut lantaran offside yang terlebih dahulu terjadi.

49′ Espulso..! Molinaro menerima kartu merah dari wasit setelah kedapatan melanggar Lichtsteiner. Wasit tanpa ragu langsung mengeluarkan kartu merah dari sakunya. Tendangan bebas yang berlokasi di sayap kanan pun diberikan pada Juventus. Dan……

50′ GOL JUVENTUS..!!! Simone Zaza is at it again..!! Berawal dari tendangan bebas Principino, bola yang berhasil dibuang pemain Torino berhasil dipantulkan kembali oleh Chiellini dan jatuh di kaki Zaza. Zaza dengan ketenangan tingkat tinggi berhasil mengecoh Moretti sebelum menempatkan bola dengan akurat ke pojok gawang.

53′ Dybala IN – Zaza OUT. Allegri melakukan pergantian pemain taktis, Zaza yang sudah terkena kartu kuning ditarik keluar digantikan oleh Dybala. Zaza pun menerima ucapan selamat dari rekan-rekannya di bangku cadangan Juve.

61′ Peluang bagi Torino! Belotti yang menerima umpan dari Maxi Lopez melaju menuju gawang Juventus. Rugani dengan tenang berhasil mengejar dan menutup ruang tembak Belotti sehingga ia hanya melepaskan tembakan yang melebar di samping gawang Neto. Rugani bisa dikatakan bermain dengan apik di debut starternya bersama Juventus. Bermain di posisi yang biasa diisi Barzagli, ia menunjukkan kapasitasnya sebagai bek masa depan Italia. Pemain yang baru saja mendapat penghargaan sebagai pengisi dream team Liga Italia 2014/2015 di acara Gran Gala del Calcio ini menunjukkan kerjasama yang apik dengan Bonucci dan Chiellini sepanjang laga. Hampir tidak pernah meleset dalam melepaskan operan, punggawa Azzurrini ini juga menunjukkan ketenangan yang luar biasa dalam bermain, seolah tidak tampak seperti pemain yang baru berusia 21 tahun.

63′ Dybala hampir saja mempertegas keunggulan Juventus. Tendangan melengkungnya dari luar kotak penalti hanya menyamping tipis di samping gawang Ichazo

64′ Quaglarella IN – Belotti OUT

65′ Perdomo IN – Baselli OUT

73′ GOL JUVENTUS…!!! Dybala belum bosan untuk menjebol gawang lawan, kali ini gawang il Granata lah yang menjadi korbannya. Berawal dari serangan dari sisi kiri, clearance pemain bertahan Torino jatuh di kaki Morata. Morata pun dengan cepat langsung mengirim umpan datar pada Dybala. Setelah mengontrol bola dengan sole, La Joya pun menembak bola dengan akurat ke sisi kiri Ichazo yang telah terdiam mati langkah. Dybala mempersembahkan gol ini untuk Ale & Ricky, 2 pemain muda Juventus yang pada tahun 2006 lalu meninggal karena kecelakaan di tempat latihan. Class Act..! Ale e Ricky, sempre nel cuore :’)

79′ Juventus tidak mengendurkan tekanan meski sudah unggul Jauh. Anak asuhan Allegri seakan tidak memberikan kesempatan Glik cs untuk bernafas. Morata hampir mencetak gol pertamanya malam itu andai tendangannya tidak dielamatkan oleh Ichazo. Sejauh ini, striker internasional asal Spanyol ini telah membukukan 2 assists.

82′ Padoin IN – Khedira OUT. Juventus kembali melakukan pergantian pemain, kali ini Padoin akan bermain di 10 menit terakhir.

82′ Avelar IN – Moretti OUT. Torino melakukan pergantian terakhirnya pada pertandingan ini.

82′ GOL JUVENTUS…!!! Paul Pogba with a fantastic free kick that Pirlo himself would be proud of..! Gelandang asal Perancis menutup kemenangan telak Juventus denga tembakan bebas super dari jarak 25 meter. Ichazo yang sudah terbang melakukan penyelamatan pun tak kuasa membendung tembakan Pogba. Satu lagi persembahan berkelas dari punggawa Juventus, Pogba mendedikasikan golnya untuk Bryan, seorang Juventino cilik yang menderita kanker.

87′ Hernanes IN – Marchisio OUT. Sang jenderal lapangan tengah diistirahatkan, sementara Hernanes yang sudah pulih dari cedera dimasukkan. Marchisio sendiri mencatatkan tingkat akurasi operan mencapai 97% pada pertandingan kali ini. Impresif.

90′ Tanpa injury time,  wasitpun mengakhiri pertandingan ini. Juventus menang telak dan melaju ke babak perempat final Coppa Italia..! Di babak perempat final, La Vecchia Signora akan ditunggu pemenang antara Udinese dan Lazio.

FT: Juventus 4-0 Torino

Berikut adalah bagan kompetisi Coppa Italia

IMG-20151217-WA0004

Man of the Match

Simone Zaza. Dua gol yang dicetak ex-pemain Sasuolo ini layak menjadikan dirinya sebagai man of the match. Sayang ia terkena kartu kuning yang membuatnya harus ditarik oleh Allegri, jika tidak bisa saja dia tetap tinggal di lapangan dan mencetak hattrick. Cara ia membuat gol pun khas seperti seorang striker-target man kelas wahid.

Partai berikutnya bagi Juventus adalah pertandingan Serie-A melawan Carpi di Stadion Alberto Braglia. Diharapkan Juventus yang sedang dalam tren bagus dapat terus mencatatkan hasil positif untuk merangkak naik ke posisi puncak klasemen Serie A !!

 

~Fino Alla Fine…FORZA JUVENTUS…!!!~

ditulis oleh Ali Hanafiah (@AliHanafiah_)

You may also like...