Review Juventus vs City

Juventus akhirnya memastikan diri lolos ke fase knock-out Liga Champions Eropa setelah berhasil mengalahkan Manchester City dengan skor tipis 1-0. Hasil ini juga terbantu dengan kekalahan Sevilla 4-2  dari Borussia Mönchengladbach di saat yang sama.

unnamed

Juventus memulai pertandingan dengan tempo sedang dan Manchester City mencoba mengambil inisiatif di awal babak pertama. Peluang pertama klub favorit grup band OASIS ini datang pada menit ke 5, saat kombinasi tendangan pojok pendek KdB jatuh ke kaki Fernandinho yang langsung menembakan bola dengan keras, namun bola masih melenceng dari gawang Buffon.

Juventus lansgung merespon di menit ke-7, cutback pass Lichtsteiner kepada Marchisio langsung dirubah menjadi umpan lambung ala Pirlo kepada Mandzukic. Sayang sundulan Super Mario masih melenceng jauh meskipun ia sudah berdiri bebas.

Pada menit ke-15, Paul Pogba sempat menghadirkan momen magis saat ia berhasil mengirim umpan backheel kepada Dybala meski kondisinya diapit oleh Sagna dan Demichelis, sayang Dybala sudah terlebih dahulu berada dalam posisi offside.

Juve dan City saling berbalas serangan dang menghadirkan peluang demi peluang, di menit ke-16 City kembali hampir membobol gawang Juve saat umpan silang KdB kepada Yaya Toure berhasil di blok oleh Chiellini. Bola mentahan langsung dihajar keras oleh Fernandinho dan hanya melambung diatas gawang Buffon. No compossure

Gol Juventus..!!! Si Nyonya Tua akhirnya memecah kebuntuan di menit ke 18 lewat gol apik Mario Mandzukic. Berawal dari serangan balik City yang berhasil dipatahkan Chiellini, bola bergulir ke kaki Pogba. Pemain berdarah Guinea ini lalu mendribble bola sejauh separuh lapangan (+/- 50m) melewati KdB dan Fernando sebelum mengoper bola ke sayap pada AlexSandro yang telah naik dengan cepat. AlexSandro pun tanpa banyak gaya langsung mengirim deep-cross ke jantung pertahanan City. Mandzukic yang telah memenangi duel dengan Otamendi pun tanpa ampun langsung menembak bola dengan sekali sentuh membobol gawang Joe Hart, what a goal..!!! Juventus Stadium pun bergemuruh menyambut gol yang bisa membuat Juventus langsung lolos ke babak knock out tersebut.

Para pemain City sempat melancarkan protes karena menilai Mandzukic telah melakukan pelanggaran kepada Otamendi, namun dari tayangan ulang terlihat jika sebenarnya Otamendi telah out-of-position dari awal. Dan gerakan tangan Mandzukic tidak masuk dalam kategori pelanggaran. Bahkan dalam ulasan di stasiun TV BT Sport (Inggris), Rio Ferdinand dan Harry Redknapp yang hari itu tampil sebagai analis berujar “Harusnya dia (Otamendi) lebih kuat untuk seorang bek. Posisi badannya sudah salah, saya tidak tahu apa yang dia coba lakukan di situ… Aksi Otamendi tersebut sudah seperti seorang penyerang yang dengan mudah terjatuh di kotak penalti untuk meminta pelanggaran”

Selepas gol tersebut, permainan berlangsung dengan tempo sedang. Di menit ke 28 Juventus nyaris menggandakan keunggulan. Berawal dari umpan panjang Marchisio kepada Lichsteiner, bola di sundul ke belakang pada Mandzukic. Ia pun langsung menghajar bola dengan tembakan first time, namun Joe Hart melakukan penyelamatan gemilang dan peluang tersebut hanya menghasilkan corner kick bagi Juventus.

pada menit ke-30 dan 40 Yaya Toure sempat menghadirkan peluang bagi City saat dia berhasil memanfaatkan celah di pertahanan Juve, namun tembakan jarak jauh dan tendangan memutar dari dalam kotak penalti Juve tidak ada yang menemui sasaran. City sendiri hanya berhasil melepaskan 2 tembakan ke arah gawang sepanjang pertandingan semalam.

Di Menit ke 44 Marchisio hampir saja melakukan blunder fatal, back pass il principino mengarah tepat ke Aguero yang tinggal berhadapan dengan Buffon. Beruntung Buffon masih bisa menghalau sepakan Aguero dengan kakinya. Tak lama berselang, wasit meniupkan peluit tanda berakhirnya babak pertama, kedudukan 1-0 untuk Juventus.

Pada babak kedua, City mendapat peluang lagi-lagi melalui kreasi Kevin de Bruyne, tendangan pojoknya disundul oleh Fernandinho namun Buffon masih bisa menyelamatkan gawang Juve.

Menit ke-55, allegri melakukan pergantian pertama. Mandzukic digantikan oleh Morata, nampak Juventus mulai memasukkan pemain bertipe cepat untuk memforsir lini pertahanan City. Benar saja, semenit masuk, Morata langsung menciptakan peluang emas. Menerima umpan manis Barzagli, ia berhasil melepaskan diri dari penjagaan Sagna dan tinggal berhadapan dengan Joe Hart. Sayang tembakan chip nya masih membentur gawang.

City gantian mendapatkan peluang di menit ke 67 saat umpan manis KdB langsung ditendang oleh Aguero. Namun Chiellini masih sigap memblok tembakan Penyernang asal Argentina itu. Catatan untuk De Bruyne, pemain asal Belgia ini memang menunjukkan diri sebagai kreator ulung di sepertiga akhir lapangan. Total ia menciptakan 4 peluang bagi City, namun kesemuanya gagal dimanfaatkan oleh rekan setimnya.

Kembali Morata mendapat peluang matang di menit ke 79. Menerima operan dari Sturaro, Morata dengan cerdik melakukan gerakan berputar mengelabui Otamendi dan berlari langsung menuju gawang. Morata masih berusaha melewati Demichelis dan Sagna sementara Joe Hart sudah bergerak menutup ruang. Tembakannya pun berhasil digagalkan kiper tim nasional Inggris tersebut. Kalau dilihat dari replay, sebenarnya Dybala berada dalam posisi sangat bebas saat itu, kalau saja Morata lebih tenang dan tidak egois bukan tidak mungkin skor akan berubah.

Peluang emas terbaik bagi City datang pada menit ke 80 lewat Raheem Sterling. Masuk menggantikan Aguero pada menit 69, ex-pemain Liverpool ini hampir membobol gawang Juventus. beruntung bagi Juventus, tembakannya masih bisa di blok dan melenceng saat menerima umpan De Bruyne. Padahal gawang sudah benar-benar terbuka lebar.

Juventus melakukan pergantian terakhirnya pada menit ke-82. Kembali Allegri memasukan pemain berkaki cepat. Dybala ditarik keluar dan digantikan oleh Cuadrado. Dan kembali keputusan Allegri tepat, semenit kemudianCuadrado langsung menghadirkan peluang. Menerima umpan Sturaro, tembakan pertamanya masih bisa di blok Jesus Navas dan tembakan keduanya masih melenceng disamping mistar gawang City. Setelah 4 menit waktu tambahan, wasit Felix Brych pun meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan. Vittoria …!!!

Dengan hasil ini, Juventus naik ke peringkat 1 menyalip City. Pada matchday 6 nanti Juventus akan bertandang ke Stadion Ramón Sánchez Pizjuán untuk menghadapi Sevilla, sementara Manchester City akan menjamu Borussia Mönchengladbach. Duel-duel ini akan menentukan siapa yang akan menjadi juara grup. Akan menjadi keuntungan tersendiri bagi Juventus jika menjadi juara grup, karena peluang langsung untuk bertemu juara grup dari grup lain akan sirna dan diharapkan akan bertemu lawan yang lebih mudah.

Juventus Dashboard

unnamed(1)

unnamed(2)
Manchester  City  Dashboard

unnamed(3)
unnamed(4)
Man of the Match

image

Alex Sandro Lobo Silva: Pemain berusia 24 tahun ini kembali menunjukkan jika dirinyalah “missing-link” yang selama ini dicari Juventus di sektor kiri. Kokoh dalam bertahan, dan agresif saat menyerang. Umpan crossingnya yang sempurna menjadi highlight pertandingan semalam. 1 assist, 2 key passes, 6 crossing, 5 intercepts, 4 tackles, dan akurasi operan 88% menunjukan jika pemain asal Brazil ini sangat baik menjalankan peran baik dalam skema bertahan atau menyerang.

unnamed(5)

 

LineUp Pemain

JUVENTUS (3-5-2): Buffon (c); Barzagli, Bonucci, Chiellini; Lichtsteiner, Sturaro, Marchisio, Pogba, Alex Sandro; Mandzukic, Dybala —> Seperti yang sudah diduga, Juventus tampil dengan formasi klasik 3-5-2. Sementara Alvaro Morata dan Juan Cuadrado harus memulai pertandingan dari bangku cadangan
CITY (4-2-3-1): Hart; Sagna, Demichelis, Otamendi, Clichy; Fernando, Fernandinho; Navas, Toure (c), De Bruyne; Aguero —> Fernando dan Fernandinho menjadi jangkar lapangan tengah sementara Yaya Toure didorong ke depan menemani Navas dan De Bruyne menjadi penopang striker tunggal Sergio Aguero

 

~Fino Alla Fine…FORZA JUVENTUS…!!!~

Ditulis oleh Ali Hanafiah (@AliHanafiah_ )

You may also like...