Review Juventus vs Verona

Juventus langsung tancap gas di awal 2016. Dalam misinya untuk kembali memuncaki Serie A, Juventus membuka lembaran tahun 2016 dengan kemenangan telak 3-0 atas tim Juru kunci Verona. Bermain di Juventus Stadium yang kabarnya sudah menjual seluruh tiket pertandingan ini (Sold Out), Juventus memegang penuh kontrol pertandingan dari awal sampai akhir dan bermain dengan disiplin tinggi.

Starting XI:

  • JUVENTUS (3-5-2): Buffon; Caceres, Bonucci, Chiellini; Lichtsteiner, Khedira, Marchisio, Pogba, Sandro; Dybala, Morata. 2 pergantian pemain dilakukan Allegri pada line up. Barzagli yang cedera digantikan oleh Caceres dan Morata dimainkan menggantikan Mandzukic yang dinilai tidak berada dalam kondisi fit.
  • VERONA (4-4-1-1): Gollini; Bianchetti, Helander, Moras, Souprayen; Wszolek, Greco, Hallfredsson, Siligardi; Ionita; Pazzini. Verona harus bermain tanpa penyerang utama mereka, yang juga mantan pemain Juventus, Luca Toni.

Jalan dan Analisis Pertandingan:

stats

3′ Juventus langsung mengurung Verona dari awal mula permainan. Lichtsteiner yang bergerak agresif sampai ke dalam kotak penalti lawan menghadirkan peluang pertama setelah menerima umpan cut-back dari Dybala. Sayang tembakannya masih menyamping tipis gawang kiper Verona, Gollini.

8′ GOL JUVENTUS…!!! Pemain Juventus dengan nomer punggung 21 menjebol gawang lawan dengan tendangan bebas cantik, familiar? Same number, different person: Paulo Dybala..! Tembakan bebas pemain asal Argentina ini meluncur melewati pagar betis Verona sebelum menukik menghujam gawang Gollini. Juventus memimpin 1-0 di awal laga. Forza La Joya..!

12′ Hampir Verona menyamakan kedudukan..! Berawal dari situasi tendangan pojok (penyakit lama Juve), bola yang di sapu secara tidak sempurna oleh lini pertahanan Juve jatuh di kaki Pazzini. Pazzo pun menembak bola secara akrobatik, namun masih bisa diselamatkan oleh, siapa lagi, Buffon.

14′ Pogba melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti Verona, namun masih melenceng dari sasaran.

19′ Morata melakukan tusukan dari sisi kiri yang diakhiri tembakan datar melengkung ke arah kiri Gollini, namun penjaga gawang berusia 20 tahun ini masih sigap menyelamatkan gawangnya dari kebobolan untuk kedua kali.

24′ Verona yang menerapkan permainan cukup keras akhirnya harus menerima akibatnya. Greco dihadiahi kartu kuning oleh wasit Gianpaolo Calvarese akibat mengganjal Morata. Pemain-pemain Verona sendiri sebelumnya sudah beberapa kali melakukan tackle keras, salah satunya berujung pada free kick Dybala yang berbuah gol.

34′ Kali ini sang Regista yang hampir menambah keunggulan Juventus. Menerima bola sapuan Helander, Marchisio men-juggling bola dengan teknik aduhai sebelum melepaskan tembakan volley yang masih bisa diselamatkan Gollini. kedudukan belum berubah.

36′ Nyaris 2-0..! Akselerasi berujung umpan silang dari Alex Sandro sudah mencapai mulut gawang Verona, namun baik Morata ataupun Lichtsteiner tidak ada yang dapat menjangkaunya. Juventus pun hanya mendapatkan tendangan pojok.

45′ GOL JUVENTUS…!!! Leonardo Bonucci memperbesar skor menjadi 2-0 lewat tandukan mautnya. Memanfaatkan tendangan bebas dari Dybala, Bonucci yang tidak dijaga ketat oleh pertahanan Verona dengan leluasa berhasil menundul bola dengan keras tanpa bisa dihalau Gollini.

45+2′ Marchisio menrima kartu kuning di penghujung babak pertaman. Sayang sekali, dengan kartu kuning ini berarti Principino harus absen saat Juventus bertandang ke Stadion Luigi Feraris hari Minggu nanti.

HT: Juventus 2-0 Verona

Menghadapi Verona yang praktis tidak menciptakan peluang berarti selain peluang Pazzini di menit ke-12. Juventus bermain dengan nyaman dan disiplin. Dari sisi penyerangan, Juventus berhasil mengkreasikan 9 tembakan dimana 2 menjadi gol, dan 2 yang lain berhasil diselamatkan oleh Gollini. Juventus membangun serangan secara seimbang baik dari sisi kiri ataupun kanan. Baik Alex Sandro ataupun Lichtsteiner mampu menjalankan tugasnya dengan sangat baik dalam membantu serangan.

Screenshot_2016-01-07-14-00-08.png

Statistik tembakan Juventus di Babak Pertama

Dari sisi pertahanan, Juventus bermain dengan sabar dan tenang namun tidak membiarkan para pemain Verona untuk masuk ke sepertiga akhir lapangan. Dapat dilihat dari statistik tackle dan intercept babak pertama dibawah, Juventus berhasil memenangkan pertarungan di lini tengah dengan mematahkan serangan yang coba dibangun oleh pemain Verona. Permainan Marchisio dan Khedira sebagai jangkar tim berhasil menjaga tempo permainan dan menjadi jembatan tim dari posisi bertahan ke menyerang.

1st half defence action

Defensive Action Juventus di Babak Pertama

 

48′ Di awal babak kedua, Hallfreðsson dihadiahi kartu kuning setelah mengganjal Dybala dengan keras.

50′ Pertandingan dihentikan sejenak karena terlihat Chiellini mengalami pendarahan di keningnya setelah bertabrakan dengan Souprayen. Merupakan pemandangan yang jamak rasanya melihat Chiellini berdarah-darah di lapangan.

56′ Tendangan Alex Sandro memenfaatkan skema sepak pojok masih melebar dan tidak membahayakan gawang Verona.

59′ Alex Sandro menjadi pemain Juventus kedua yang dihadiahi kartu kuning oleh wasit. Calvarese beranggapan jika bek sayap asal Brazil ini melanggar Wszolek.

59′ Aksi Paul Pogba di ujung kotak penalti Verona  terpaksa dihentikan Ionita dengan tackle. Pogba menganggap seharusnya Juventus diberikan tendangan penalti, namun wasit beranggapan lain dan permainan berlanjut dengan tendangan pojok bagi Juventus.

61′ Pergantian Pemain untuk Verona, Juanito Gomez IN – Leandro Greco OUT.

64′ Pergantian Pemain untuk Verona, Urby Emanuelson IN – Pawe? Wszo?ek OUT.

71′ Pergantian Pemain untuk Juventus, Stefano Sturaro IN – Sami Khedira OUT. Allegri memasukan Sturaro menggantikan Khedira yang tampak sudah mulai kelelahan. Sepanjang babak kedua, terlihat intensitas pertandingan sedikit menurut. Juventus yang telah berada dalam posisi nyaman tidak menggempur pertahanan Verona seaktif di babak pertama.

79′ Pergantian Pemain untuk Juventus, Simone Zaza IN – Alvaro Morata Out. Allegri memasukan Zaza yang gemar melakukan forward press dan mempunyai kondisi fisik yang prima menggantikan Morata. Meskipun beberapa kali sempat turun membantu pertahanan, Morata hanya berhasil menciptakan 1 shot on goal sepanjang laga. Terlihat memang kondisinya belum mencapai puncak performa. Pun begitu, para penonton yang hadir di stadion tak sungkan untuk memberikan tepukan tangan saat Alvarito menginggalkan lapangan.

81′ Verona sempat menghadirkan peluang lewat Pazzini, namun posisinya terlebih dahulu dinyatakan offside oleh wasit.

81′ Pergantian Pemain untuk Verona, Mohamed Salim Fares IN – Emil Hallfreðsson OUT

82′ GOL JUVENTUS…!!! Simone Zaza kembali membuktikan statusnya sebagai supersub setelah mencetak gol ketiga Juventus. Diawali dari umpan terobosan akurat dari Pogba, Zaza yang sebelumnya telah melakukan gerakan lari zigzag berhasil melepaskan diri dari jebakan offside. Dengan tenang ia pun mengecoh Golllini sebelum menceploskan bola ke gawang. 3-0..!!

Bagi Zaza, gol ini menegaskan jika dirinya adalah penyerang paling efektif di squad Juventus saat ini. Dengan total menit bermain “hanya” 375 menit, ia berhasil mencetak total 6 gol bagi Juventus di semua kompetisi. Artinya, pemain plontos ini berhasil mencetak gol setiap 62.5 menit. Lethal Weapon.

84′ Pergantian Pemain untuk Juventus, Daniele Rugani IN – Martín Cáceres OUT.

90+2′ Tak banyak yang terjadi di sisa pertandingan. Setelah 2 menit tambahan waktu, wasit pun meniupkan peluit panjang tanda pertandingan berakhir. Vittoria…!!!

FT: Juventus 3-0 Verona

Dengan kemenangan ini, Juventus meneruskan catatan impresif mereka di Serie A. Ini adalah kemenangan ke delapan anak-anak asuhan Allegri secara beruntun.

Di babak kedua bisa dilihat jika anak asuhan Allegri agak mengendurkan intensitas permainan. Terlihat dari jumlah tembakan yang berkurang, praktis hanya gol Zaza yang menjadi tembakan kearah gawang dari Juventus pada babak kedua. Penurunan intensitas juga terlihat dari defence action mereka. Pemain Juventus lebih banyak melakukan tackle dan interception di dekat kotak penalti. Pun begitu, mereka tetap disiplin dan tidak membiarkan pemain Verona menciptakan satupun peluang bersih di babak kedua.

Screenshot_2016-01-07-14-00-17

Statistik Tembakan Juventus di Babak Kedua

2nd half defence action

Defensive Action Juventus di Babak Kedua

Man of the Match

Paulo Dybala: Bagaimana tidak? Pemain muda asal Argentina ini seperti tidak henti-hentinya mencetak gol bagi Juventus. 1 gol, 1 assist, 3 chances created, dan 3/6 take-ons menjadi statistik La Joya pada pertandingan melawan Verona semalam. Sebagai tambahan, dengan assist-nya bagi gol Bonucci, ini berarti dia telah menyumbangkan 9 gol dan 4 assist dari total 1194 menit bermainnya di Serie-A. Artinya Dybala sejauh ini berhasil menciptakan gol atau assist setiap 92 menit bermain. Krusial.

Dybala Dashboard

Juventus langsung ditunggu dengan partai yang tidak akan mudah di Stadion Luigi Feraris melawan Sampdoria. Allegri diharuskan memutar otak karena sang regista, Marchisio, dipastikan akan absen akibat akumulasi karu

~Fino Alla Fine…FORZA JUVENTUS…!!!!~

Ditulis oleh Ali Hanafiah (@AliHanafiah_)

You may also like...