Review Pertandingan Juventus vs Bologna

Melanjutkan tren positif dari pertandingan Liga Champions, Juventus akhirnya berhasil meraih kemenangan kandang perdana di Serie-A setelah berhasil mengandaskan tim promosi Bologna dengan skor meyakinkan 3-1. Alvaro Morata, Paulo Dybala, dan Sami Khedira menjadi protagonis dengan sumbangan gol mereka dalam pertandingan tadi malam.

  • Susunan Pemain

Juventus (4-3-3): Buffon; Barzagli, Bonucci, Chiellini; Evra, Khedira (Asamoah 92), Hernanes (Lemina 67), Pogba, Cuadrado; Dybala, Morata (Zaza 76)
Bologna (4-2-3-1): Mirante; Ferrari, Oikonomou, Gastaldello (Rossettini 48), Masina; Rizzo, Diawara, Pulgar (Brighi 70); Brienza (Falco 75), Destro, Mounier
Juventus kembali menurunkan formasi hybrid perpaduan antara 4-3-3 dan 3-5-2 dengan line up identik dengan parta terakhir di Liga Champions. Andrea Barzagli kembali diturunkan sebagai bek kanan menggantikan Stephan Lichtsteiner yang masih harus absen setelah menjalani operani jantung minor. Sementara di tengah dan depan, Allegri nampaknya telah menemukan formasi inti untuk dipakai.

  • Jalan Pertandingan

screenshot_2015-10-05-08-48-46-772
Statistik Pertandingan
Juventus langsung dikejutkan dengan gol cepat dari Bologna pada menit ke 5. Adam Masina melihat celah di pertahanan Juve dan langsung mengirim umpan deep cross. Patrice Evra tidak sadar akan pergerakan Anthony Mounier, Mounier pun langsung menembak bola dengan sekali sentuh. Meski sempat diselamatkan oleh Buffon, bola tetap masuk ke dalam gawang. skor 0-1 untuk tim tamu.

Seperti yang sudah diduga, Bologna pun langsung merapatkan barisan pertahanan untuk mempertahankan keunggulan yang “langka” ini. Juventus langsung merespon dengan serangan bertubi-tubi. Alvaro Morata langsung mendapat peluang tak lama setelah gol Bologna terjadi. Menerima operan Dybala di sayap kiri, morata langsung menusuk ke kotak penalti Bologna dan melepaskan tembakan kaki kiri keras yang sayangnya masih menyamping gawang Mirante. Pada menit ke 19 kombinasi french connection Evra kepada Pogba berhasil memasuki kotak penalti Bologna, namun tendangan Pogba lagi-lagi berhasil di blok Mirante, bola muntahan langsung disambar Chiellini yang tendangannya masih jauh keatas gawang.

Juventus sebenarnya sudah menemukan pakem permainan yang sejak awal musim dicari. Hernanes mulai nyaman memainkan peran sebagai regista, sementara Pogba dan Dybala tak henti naik turun lapangan menjadi penyambung antara lini tengah dan depan. Kombinasi antara sayap dengan mezz’ala (Evra-Pogba-Dybala dan Barzagli-Khedira-Cuadrado) mulai tersinkronisasi dengan baik, beberapa kali mereka bisa memasuki sepertiga terakhir wilayah pertahana Bologna, namun final ball kepada para penyerang masih kurang matang. Bologna sendiri merespon permainan possession ball Juventus dengan bermain keras, tercatat selama pertandingan para pemain Bologna melakukan 47 kali tekel dan 8 kali pelanggaran. Paulo Dybala menjadi pemain Juventus yang paling banyak menerima pelanggaran pada pertandingan kali ini. Pada beberapa kesempatan, wasit terlihat enggan memberikan pelanggaran meskipun pemain Juventus asal Argentina ini nampak terjatuh dan mengerang kesakitan.

Gol yang ditunggu Juventus akhirnya datang pada menit ke 31 melalui kerjasama tim yang manis. Rangkaian passing Barzagli-Cuadrado-Dybala berhasil menemui Khedira yang melakukan penetrasi di sayap kanan. Gelandang bertenaga kuda ini langsung mengirim umpan ke kotak penalti, meski sempat menyentuh Gastaldello bola tetap melaju ke tengah kotak penalti Bologna. Morata yang berdiri bebas tak terkawal pun dengan tenang menyundul bola ke gawang untuk merubah skor menjadi 1-1. Juventus Stadium bersorak ramai menyambut gol dari stranieri asal negeri matador ini. Tak lama berselang Chiellini hampir membuat blunder ketika back pass nanggung nya dikejar Mounier, beruntung Gigi Buffon sigap dan langsung menghalau jauh bola dari Chiellini. Skor tidak berubah sampai peluit turun minum 1-1.

Juventus langsung tancap gas memasuki babak kedua, mengetahui jika Bologna hanya akan sitting deep membuat Juventus langsung membombardir pertahanan anak-anak asuhan Delio Rossi tersebut. Dua menit berjalan, Juventus mendapat peluang matang. Khedira mengirim umpan panjang ala Pirlo ke arah Cuadrado yang sudah berlari dengan kecepatan tinggi, Cuadrado pun dengan tidak egois mengirim umpan tarik kepada Morata yang telah berdiri dalam posisi bebas. Namun sayang sekali, secara tak terduga tendangan Morata masih belum bisa menemui gawang yang telah terbuka lebar.

Usaha Juventus membuahkan hasil di menit ke 51 ketika Morata yang hendak menerima umpan silang dari Barzagli merasa mendapat dorongan dari bek Bologna, Alex Ferrari. Wasit tanpa ragu langsung menunjuk titik putih. Dybala yang ditunjuk sebagai eksekutor dengan dingin mengeksekusi pinalti untuk merubah skor berbalik menjadi 2-1. Gol ini merupakan gol ke-3 pemain Argentina ini selama musim berjalan sekaligus menjadikannya sebagai pencetak gol terbanyak bagi Juventus.

Enam menit berselang, Juventus nyaris memperbesar skor. Sami Khedira mengirim operan kepada Morata, yang dengan turn yang manis berhasil mengelabui pertahanan Bologna. Sayang tendangan kerasnya masih bisa diselamatkan Mirante. Pada menit ke 63, Sami Khedira akhirnya mendapat buah manis dari permainan cantiknya sepanjang laga. Menerima umpan cantik Morata dari sisi kiri, gelandang blasteran Tunisia-Jerman ini menyundul bola dengan keras tanpa bisa dihalau Mirante. Skor 3-1 untuk Juventus.

Setelah gol ketiga, Juventus bermain dengan hati-hati dan tidak melakukan penetrasi-penetrasi yang beresiko terkena serangan balik. Peluang bersih terakhir Juventus terjadi pada menit 70, ketika tembakan Dybala hasil umpan Pogba masih bisa dihalau Mirante, dan bola rebound yang dimanfaatkan Morata masih bisa di blok pemain bertahan Bologna. Setelah itu praktis tidak ada peluang berarti untuk Juventus. Pada menit ke 90+2, Khedira ditarik keluar untuk digantikan oleh Kwadwo Asamoah yang telah dinyatakan pulih dari cedera panjangnya. Bentornato Asa….!!! Tak lama setelah itu, wasitpun meniup peluit panjang tanda pertandingan berakhir. Juventus menang meyakinkan 3-1

screenshot_2015-10-05-08-48-56-860
Attacking Dashboard Juventus

screenshot_2015-10-05-08-49-09-098
Defensive Dashboard Juventus

screenshot_2015-10-05-08-49-02-721
Attacking Dashboard Bologna

screenshot_2015-10-05-08-49-14-710
Defensive Dashboard Bologna

cara membaca dashboard:
screenshot_2015-09-16-21-01-41-194-1

  • Man of the Match

Gelar pemain terbaik pada pertandingan kali rasanya layak diberikan kepada Alvaro Morata. Sepanjang pertandingan kerjasamanya dengan Dybala-Khedira-Pogba tak henti-henti melepaskan teror untuk pertahanan Bologna. Statistik pertandingan untuk Morata pun juga sangat baik pada partai kali ini. 1 gol, 1 assist untuk gol Khedira, dan memenangkan PK yang dieksekusi oleh Dybala. Bisa disimpulkan jika Morata berperan penuh untuk semua gol yang diciptakan oleh Juventus.

screenshot_2015-10-05-08-50-10-091
Player Dashboard: Álvaro Borja Morata Martín

Setelah ini, Serie A akan memasuki masa vakum selama dua minggu untuk jadwal pertandingan-pertandingan internasional. Diharapkan para pemain Juventus yang dipanggil tim nasional dapat menunjukan performa yang baik dan juga pulang dalam keadaan fit. Giornata 8 akan digelar pada hari Minggu 18 Oktober dan mempertemukan Juventus dengan musuh bebuyutannya, Inter Milan. Claudio Marchisio diharapkan sudah bisa kembali memperkuat skuad Juventus, mengingat catatan impresifnya jika menghadapi klub asal kota Milan ini.

Fino Alla Fine, Forza Juventus…!!!!

Ditulis oleh Ali Hanafiah (@AliHanafiah_)

IKLAN: Dear Pengurus Chapter, baca ini, penting.

Dear petinggi Chapter, apa kabar? sudah jalan-jalan di situs kita yang terbaru di juventusclubindonesia.com ? Jika belum, diwajibkan untuk membaca artikel ini, Pembaharuan Situs Resmi JCI, Release di Giornata pertama!

 

Jika sudah, mari kita lanjutkan 🙂

 

Untuk meningkatkan solidaritas terkait informasi yang aktual, dan untuk menyatukan nusantara tanpa tebang pilih, Berikan informasi kegiatan di chapter kalian, dengan regulasi satu berita untuk satu bulan (minimal) melalu email [email protected], Kenapa begitu sedikit? karena kami sadar bahwa tidak semua pengurus di daerah memiliki waktu untuk melaporkan kegiatan berupa tulisan. lalu, kenapa harus diwajibkan? karena, membangun komunitas tentunya harus ada tanggungjawab untuk membesarkan, ini adalah teori dasar komunitas, kita perlu berkembang dan kita perlu adanya sosialisasi dan sharing kepada yang lain.

 

Jadi, Kami tunggu laporan kegiatan Chapter, dengan format wajib (tanpa dihilangkan salahsatunya):

 

  1. Tulis laporan kegiatan melalui Body Email dan bukan attach dokumen ms.word, (agar mudah copy paste)
  2. Attach foto satu per satu, (tidak berupa zip atau rar)
  3. Subject Email: JCI (CHAPTER) STATEMENT – nama event, contoh JCI MAKASSAR STATEMENT – Berbagi dengan yatim piatu
  4. dikirim ke [email protected]

 

Syarat penulisan, Jawab pertanyaan dibawah ini:

 

  1. Apa jenis acaranya?
  2. Kapan waktu pelaksanaannya? gratis atau bayar?
  3. Siapa saja peserta kegiatan ini?
  4. Apa tujuan Acara tersebut?
  5. Apakah kalian menggiring sponsor? sebutkan dan jelaskan deskripsi semua sponsor, (deskripsi perusahaan)
  6. Tuliskan alur cerita kegiatan tersebut jika acaranya sudah berlangsung, atau jelaskan rangka pelaksanaannya jika acaranya belum berlangsung.
  7. Siapakah man of the match dari acara ini? adakah kisah unik dari pengurus chapter?
  8. Unique Audience (mengundang fans, anak yatim, artis, atau walikota, dsb), Jelaskan jika tidak ada.
  9. Apa Rencana selanjutnya?
  10. Akhiri tulisanmu dengan namamu, contoh: writer: Nama Kamu

 

empat poin & sembilan poin diatas adalah aturan baku, kami tidak bisa merelease Official Chapter Statement jika ada poin-poin yang dikurangi, dan kemungkin besar kami tidak menayangkannya.

 

Best Regards.

Disclaimer: Dilarang untuk meng-copy atau menulis kembali konten di web ini tanpa mencantumkan sumber.

You may also like...