Sampaikan doa dan dukunganmu untuk Keluarga Scirea

Gaetano Scirea adalah seorang sweeper terbaik yang mampu membaca pergerakan pemain lawan dengan baik sekaligus memiliki kemampuan sebagai trequartista yang mampu membangun serangan dari tengah.

Scirea merumput bersama Juventus selama 14 Tahun (1974 – 1988) dan telah bermain sebanyak 552 pertandingan – rekor ini kemudian dipecahkan oleh Alessandro Del Piero di dekade berikutnya. Scirea mewakili Italy sebanyak 78 kali dan memegang peran penting pada Piala Dunia 1982 yang dimenangkan oleh Italy (Italy memainkan laga puncak melawan Brazil). Bahakan dalam 700 penampilan profesionalnya, dia tidak pernah mendapatkan kartu merah!

Setelah pensiun sebagai pemain, ‘Gai’ – nama julukannya – bergabung bersama Juventus sebagai pencari bakat (scout). Sayangnya saat melakukan kunjungan ke Polandia di musim panas 1989 untuk menonton pertandingan Gornik Zabrze, calon lawan Juventus di UEFA Cup, Gai tewas dalam kecelakaan fatal.

Keluarga besar Juventus dan Italia pun bersedih atas kehilangan ini. “Gai adalah salah satu pemain terbaik dalam sejarah” tutur Dino Zoff. Scirea dikenal sebai pemain yang menjunjung tinggi sportifitas, sehingga namanya sering digunakan pada turnamen untuk pesepakbola muda dan penghargaan fair-play.

Pada tahun 2005, Enzo Bearzot mantan pelatih nasional Italy mengusulkan untuk memensiunkan jersey nomor 6 dari tim nasional dan Juventus sebagai penghargaan atas karir Gaetano Scirea. Konon Juventus mendedikasikan nama Scirea sebagai salah satu nama curva di Stadion Delle Alpi, tempat para Ultras berada.

Hari ini, 3 Sepetember 25 tahun yang lalu, Juventus dan Italia kehilangan pemain panutan dan teladan. Sang pelatih, Massimiliano Allegri, pun mencuitkan doa dan dukungannya melalui akun twitternya:

@OfficialAllegri: 25 anni fa se ne andava un campione la cui statura morale sarebbe servita al calcio: Gaetano #Scirea ,uomo con la #Juve e l’Azzurro nel cuore

(25 tahun yang lalu seorang dengan moral yang baik menjadi contoh dalam sepakbola: Gaetano #scirea, seseorang yang selalu memiliki #Juve dan Azzuri dalam hatinya)

FIFA pun mengatakan bahwa: Usia Scirea mungkin hanya 36 tahun, tetapi legenda-nya hidup selamanya. [q]

Sumber:
juventus
twitter Allegri
fifa
terkait gaetano dalla curva

You may also like...