Selangkah Lagi yang Penuh Duri #JuveReal !!

Melawan tim sekaliber Real Madrid tidaklah mudah. Dengan dana berlimpah, mereka bisa saja melepas dan merekrut bintang kapan saja mereka mau. Kekuatan mereka, finansial tentunya, sangatlah jauh jika dibandingkan dengan klub-klub Eropa lainnya. Dan kali ini Juventus harus menghadapi peraih gelar terbanyak Liga Champion itu dinihari tadi pada babak semifinal Liga Champion 2014/2015. Bagaimana serunya? Bagi anda yang melewati pertandingan tadi, kami akan ulas sampai tuntas dan sampai anda puas. Mari!

Susunan pemain Juventus :
(4-3-1-2): Buffon; Lichtsteiner, Bonucci, Chiellini, Evra; Marchisio, Pirlo, Sturaro; Vidal; Tevez, Morata
Cadangan: Storari, Barzagli, Padoin, Pepe, Pereyra, Llorente, Matri
Susunan pemain Real Madrid :
(4-3-3): Casillas; Carvajal, Varane, Pepe, Marcelo; Kroos, Ramos, Isco; Rodriguez, Ronaldo, Bale
Cadangan: Keylor Navas, Arbeloa, Chicharito, Illaramendi, Lucas Silva, Coentrao, Jese

 

image (6)-crop
Dari line up tersebut, Real Madrid nampaknya akan lebih banyak melakukan strategi menyerang.  Juventus pun sangat memaksimalkan keadaan dimana Juventus Stadium merupakan arena yang berbahaya bagi seluruh tim tamu yang datang. Paul Pogba hanya bisa melihat dari tribun penonton karena terbelit cidera.Terbukti, menit-menit awal berjalan dengan tempo yang cepat. Marchisio, Rodriguez, Sturaro, Morata dan Marcelo sama-sama mendapatkan peluang untuk mencetak gol di 7 menit pertama peluit dibunyikan. Dan menit ke-9, GOL! Carlos Tevez yang berlari dari tengah lapangan mampu melepaskan tendangan kaki kanan yang sedikit melebar, namun ternyata sang mantan  pemain Real Madrid langsung menyontek bola ke gawang Casillas yang nampaknya terkejut.Alvaro Morata yang mencatatkan namanya di papan skor. Terlihat Ia tidak melakukan selebrasi dalam merayakan gol tersebut. 1-0 untuk Juventus !

juvereal3-crop

 

Gol tersebut menjadi pemecut Real Madrid untuk segera membalas gol Morata. Menit ke-12, Kroos melepaskan tendangan keras yang mampu ditepis oleh Superman, Gigi Buffon. 3 menit kemudian Isco melakukan hal yang sama dan lagi-lagi Buffon juga melakukan hal yang sama. Luar biasa atmosfir pertandingan kali ini.

Kembali Real Madrid pada menit ke-23. Ronaldo yang lepas dari jebakan offside, berlari kencang meninggalkan pemain bertahan Juventus dan melepaskan tendangan kaki kiri yang cukup keras namun menyamping dari gawang Juventus. Konsentrasi yang tidak terjaga dapat menjadi petaka pada laga yang ketat ini.Tapi tidak hanya Madrid, Juventus tak kalah seramnya. Menit ke-25, Lichsteiner berhasil melewati Marcelo namun bukannya passing tapi Ia justru melepaskan shoot yang melebar di kiri gawang Casillas.

Arturo Vidal sebagai mesin di lini tengah bermain sangat baik pada laga ini. Ia selalu hadir dimana bola bergulir. Duetnya dengan Marchisio, Pirlo, dan Sturaro terlihat solid. Sturaro yang mengejutkan masuk ke lini utama pada laga ini bermain beringas. Ia cukup banyak terlibat duel, bertahan maupun menyerang, serta mampu menusuk jantung pertahanan Real Madrid.

 

juvereal4-crop
Keunggulan Juventus tidak berlangsung lama. Menit ke-27 gol Christiano Ronaldo melepaskan sundulan jarak dekat di muka gawang Juventus. Lagi-lagi konsentrasi yang terpecah menyebabkan gol tersebut. Bermula dari James Rodriguez yang mendapatkan umpan dan tak terkawal berhasil melesatkan umpan kembali ke tiang jauh dan langsung disambut oleh sundulan bebas  Ronaldo. 1-1. Bukan skor yang menguntungkan.

Cukup tersentak, Juventus yang didukung penuh oleh puluhan ribu suporternya itu kembali menggedor pertahanan Real Madrid. Memang jual beli serangan selalu terjadi pada laga ini. Kualitas permainan kedua tim begitu terasa sampai akar-akarnya. Menit ke-35! Balasan serangan balik, Tevez memberikan bola ke Marchisio. Marchisio melepaskan shoot keras namun sayang hanya tipis dari tiang kanan Casillas.

Menit ke-41! Sangat berbahayaa! Isco memberikan crossing yang disundul oleh James Rodriguez namun masih diselamatkan oleh mistar gawang!Usut punya usut ternyata Sturaro menjadi penyelamat gawang Juventus karena sundulan James yang berjarak lebih kurang 1 meter itu mengenai kaki Sturaro yang mencoba memblok didepan muka Isco. Namun tak sampai disitu, Marcelo kembali menendang bola muntah hanya tipis di mistar gawang setelah memantul di depan gawang Buffon. Selamat. Babak kedua berakhir dengan kedudukan 1-1.

juvereal5-crop

BABAK KEDUA.

Tempo berlangsung cepat. Nampaknya kedua tim benar benar mencari hasil maksimal pada pertandingan kali ini. Belum ada pergantian pemain. Tempo cepat langsung terniang di lapangan. Menit ke-49, Carlos Tevez melepaskantendangan kaki kiri namun tepat mengarah dipelukan Casillas. Kedua tim sangat berhati hati dalam pertandingan kali ini.
Llorente dan Barzagli terlihat melakukan pemanasan. Apakah strategi Allegri?

Pertandingan juga terlihat cukup keras. Beberapa pelanggaran kerap terjadi sisi lapangan. Memang bagian sayap selalu digedor oleh kedua tim untuk melepaskan umpan ke targetman masing-masing kubu. Pelanggaran dari Sturaro ke James. Free kick diambil oleh Kroos namun Bonucci dapat menghalaunya dan hanya menghasilkan corner kick untuk Real Madrid. Tendangan bebas merupakan strategi yang sangat efektif bagi kedua tim jika terhambat jika bermain open play.

Selanjutnya, menit ke-56!! PENALTY UNTUK JUVENTUS !! Marcelo kartu kuning karena melanggar Morata yang bersiap menerima umpan. Tapi bukanlah Morata yang menjadi aktornya, dia adalah Tevez! Begini ceritanya. Dari serangan Real Madrid, Juventus mampu melancarkan serangan balik lewat Tevez. Ia berlari melampui Carvajal dan melakukan sedikit gerak tipu di depan gawang Casillas. Carvajal yang sudah terlanjur melakukan tekel pun terpaksa menerima kartu kuning dan menghadiahi Carlos Tevez tendangan 12 pas. Penalti untuk Juventus diambil oleh Tevez sendiri.

Tevez GOALLL!!!! Dengan tendangan kerasnya walaupun mengarah ketengah namun cukup mengecoh Casillas… 2-1  untuk JUVENTUS !! Seluruh seisi stadion pun meledak akan kebahagian suporternya.

image (27)-crop

Skor 2-1 ternyata juga masih membuat para tifosi menahan nafas beberapa kali.
Menit ke 63! Hampir saja Ronaldo menyamakan kedudukan. Kemelut di depan gawang tipis dari sontekannya. Skor masih belum berubah. Masuknya Barzagli menggantikan Sturaro membuat Juventus mengubah formasinya menjadi 3-5-2.

Chiellini nampaknya mengalami sobek di pelipis matanya karena terlbat duel dengan pemain Madrid. Kepalanya harus dibalut dan bajunya harus diganti karena terkena cipratan darah. Bagaikan prajurit, selama masih bisa berjuang, maka terus berperang. Chiellini kembali ke lapangan dan tampak semakin ganas.

juvereal7-crop

Menit ke-74 Kroos melepaskan tendangan jarak jauh yang mengarah gawang  namun masih tinggi diatas mistar gawang. Jual beli seangan masih terjadi. Serangan balik Juventus yang dimotori Morata cukup merepotkan Real Madrid.
Menit ke-78 Llorente masuk menggantikan Morata yang nampaknya cukup kelelahan pada pertadningan kali ini. Torehan 1 golnya sangatlah berguna untuk menjadi bekal di Santiago Bernabue.
Menit ke-85 Pereyra masuk menggantikan Tevez. Nampaknya Allegri ingin memperkuat sektor sayap untuk tetap mempertahankan keunggulan.
image (48)-crop

Masuknya Llorente memberikan angin segar bagi sektor serang Juventus. Menit ke-87!! Llorente berlari mendapatkan umpan Marchisio, berhadapan dengan Casillas,Ia berhasil menggoceknya dan mengirim bola ke depan gawang tapi sayang sekali tidak ada yang menyambut di depan gawang yang sudah ditinggal oleh Casilas
Pertandingan semakin seru dan panas. Para tifosi mungkin saja tidak sempat bernafas saking tidak inginnya mata melewatkan seluruh momen yang ada.
Menit ke-92! Free kick pirlo tepat mengarah ke kepala Llorente namun sangat lemah sunduluannya ah!!

Dan peluit panjang pun dibunyikan. Juventus akhirnya dapat mengunci skor 2-1 di Juventus Stadium. Skor ini sangatlah berarti untuk leg II yang dilaksanakan pekan depan di kandang Madrid. Dengan keunggulan ini, Juventus dapat menginjakkan kakinya di Final Liga Champion musim ini jika bisa menahan seri Real Madrid di leg II. Kekalahan dengan selisih gol yang sama tapi Juventus tanpa memasukkan gol akan membuat Madrid merebut tiket tersebut. Kekalahan dengan selisih gol yang sama namun Juventus memasukkan lebih dari 3 gol akan membawa Juventus ke final.

Apakah strategi Allegri selanjutnya?
Mampukah Juventus melangkah diantara duri nanti?
Forza Juventus!

I Made Anggara Wijayatman

You may also like...