Start Kurang Mulus Juve di Liga Champions Musim Ini

Barcelona – Barcelona sukses membalas dendam mereka di musim lalu saat menjamu Juventus di laga perdana Liga Champions musim 2017-18 pada Rabu (13/9) dini hari WIB. Di pertandingan ini, Blaugrana sukses mencukur raksasa Italia dengan skor telak 3-0.

Tampil tanpa beberapa pemain penting seperti Giorgio Chiellini dan Mario Mandzukic rupanya cukup berpengaruh terhadap permainan Juve. Nyaris di sepanjang babak pertama mereka berada di bawah dominasi Barcelona.
Namun, Si Nyonya Tua justru mampu merepotkan pertahanan Barcelona. Mattia Di Sciglio dan Miralem Pjanic sama-sama menghasilkan tendangan yang cukup membuat Marc-Andre Ter Stegen kerepotan.

Barcelona sendiri juga sempat mendapat peluang emas di pertengahan babak pertama setelah Iniesta dijatuhkan di depan kotak penalti Juventus. Namun, sangat disayangkan tembakan Lionel Messi masih membentur pagar hidup yang dibangun Juve. Bola muntah tersebut sebenarnya berhasil di sambar Suarez, tapi Buffon sukses melakukan save brilian.

Lima menit jelang babak pertama usai, Juventus harus kehilangan Mattia Di Sciglio karena cedera. Eks pemain AC Milan itu harus digantikan dengan Stefano Sturaro.

Kebuntuan di pertandingan ini akhirnya pecah satu menit jelang waktu normal babak pertama berakhir. Berawal dari serangan balik, Lionel Messi yang melakukan kombinasi dengan Luis Suarez mampu menaklukan Gianluigi Buffon dengan sepakan mendatar terukur.

Ini adalah gol pertama Messi ke gawang Buffon di sepanjang kariernya. Gol Messi ini juga mengakhiri babak pertama dengan skor 1-0 untuk keunggulan Barcelona.

Memasuki babak kedua kondisi tak banyak berubah. Bahkan di menit ke-50 Messi nyaris mencetak gol keduanya di laga ini. Beruntung bagi Juventus, sepakan bintang asal Argentina itu hanya membentur tiang gawang.

Barcelona akhirnya mampu menggandakan keunggulan di menit ke-56. Lionel Messi melakukan pergerakan bagus di sisi kiri pertahanan Juve dan memberikan umpan untuk Suarez. Umpan itu berhasil dipotong oleh Stefano Sturaro. Namun, sial bagi Juve potongan Sturaro itu justru mengarah ke kaki Ivan Rakitic yang dengan mudah menceploskan bola ke gawang Buffon.

Derita Juventus kian bertambah setelah di menit ke-69 Lionel Messi berhasil mencetak gol keduanya di pertandingan ini. Memanfaatkan umpan terobosan cantik dari Andres Iniesta, pemain 30 tahun itu berhasil melewati Alex Sandro dan Mehdi Benatia sebelum menakulkan Buffon dengan sepakan terukur.
Luis Suarez sebenarnya bisa mencetak gol di menit ke-78. Namun, gol itu dianulir setelah penyerang asal Uruguay itu sudah terjebak dalam posisi offside.

Juventus bukannya tanpa peluang. Pada menit ke-80 Bianconeri sempat memiliki peluang emas setelah sundulan dari Mehdi Benatia sebenarnya sudah tak mampu dijangkau Ter Stegen. Namun, sial bagi Juve ternyata Gerard Pique sukses menghalau bola tepat di depan garis gawang Barcelona.

Skor 3-0 ini akhirnya bertahan hingga laga usiai. Kemenangan ini membuat Barcelona untuk sementara memimpin klasemen grup D Liga Champions musim ini dengan raihan tiga poin. Mereka dibayangi secara ketat oleh Sporting Lisbon yang di laga lain mengalahkan Olympiakos dengan skor 3-1.

Selepas laga pelatih Juventus Max Allegri mengungkapkan beberapa hal yang menjadi penyebab kekalahan timnya dengan skor 3-0 atas Barcelona pada laga pertama fase grup Liga Champions di Camp Nou, Selasa.

Allegri mengklaim Juventus telah bermain bagus, namun gagal memaksimalkan peluang dan terjadi kelengahan saat mengawal Messi sehingga Juventus kalah dari Barcelona.

“Anak-anak bermain bagus, namun bila memiliki peluang di sini, Anda harus mengambilnya. Kami dihukum karena kesalahan pertama, 30 detik sebelum turun minum, kami tidak menutup Messi atau melanggarnya,” kata Allegri kepada Mediaset Premium dilansir dari Football Italia, seusai pertandingan.

“Setelah istirahat kami mendapat kesempatan besar melalui Paulo Dybala, namun saat ruang itu terbuka, Barcelona justru menjadi sangat berbahaya,” katanya.

“Laga ini harus dimainkan dengan pikiran. Kami kebobolan gol pertama dan ketiga dalam serangan balik saat mencoba menyerang,” keluh

Lebih lanjut Allegri kemudian mengungkapkan bahwa laga ini sangat berbeda jika dibandingkan pada tahun lalu saat mereka mengalahkan Barcelona 3-0 di leg pertama perempat final Liga Champions, kemudian imbang 0-0 di Camp Nou.

“Musim lalu di Turin, Juventus memainkan permainan bagus dan kami memanfaatkan sebagian besar peluang kami untuk menyerang. Ini adalah musim Liga Champions yang berbeda, ini baru awal,” katanya.

Ia juga menyinggung permainan Gonzalo Higuain yang tidak memberikan kontribusi besar terhadap performa tim.

“Higuain memulai dengan baik. Dia perlu lebih santai dalam permainan ini…Anda membutuhkan kekuatan mental dan bertahan dalam permainan,” katanya.

“Dengan peluang yang kami miliki di babak pertama dan kurangnya tekad yang kami tunjukkan saat menyerang, kami bisa meraih hasil,” katanya.
“Jika Anda memberikan ruang untuk Messi berlari, maka dia akan mencetak gol.”

 

Tags:

You may also like...